Asteroid 'Dewa Kekacauan' Dekati Bumi Hari Ini

Asteroid 'Dewa Kekacauan' Dekati Bumi Hari Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 15:23 WIB
Asteroid
Asteroid 'Dewa Kekacauan' Dekati Bumi Hari Ini Foto: Brainberries
Jakarta -

Asteroid 99942 Apophis akan melewati Bumi pada hari Jumat (5/3) dan bisa diamati menggunakan teleskop hingga beberapa hari ke depan. Asteroid ini memiliki reputasi yang cukup tinggi di kalangan astronom karena berpotensi menabrak Bumi pada tahun 2068.

Apophis adalah asteroid raksasa dengan diameter sekitar 350 meter yang pertama kali ditemukan pada tahun 2004. Namanya diambil dari Dewa Mesir Kuno Aphopis yang memiliki julukan 'Dewa Kekacauan'.

Dalam perjalanannya kali ini, Apophis akan mendekati Bumi dengan jarak 16,9 juta km. Jarak antara Apophis dan Bumi cukup besar, sekitar 44 kali jarak Bumi ke Bulan, jadi kunjungan Apophis kali ini tidak perlu dikhawatirkan.

Untuk mengamati momen melintasnya Apophis dibutuhkan teleskop yang cukup canggih. Momen ini akan dimanfaatkan oleh astronom yang akan memonitor pergerakannya.

Ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi astronom untuk mempelajari asteroid raksasa ini sebelum batu angkasa ini semakin mendekat dalam beberapa tahun ke depan.

Pada 13 April 2029, Apophis akan mendekati Bumi dengan jarak hanya 31.000 km atau sekitar sepersepuluh jarak Bumi ke Bulan, seperti dikutip dari Gizmodo, Jumat (5/3/2021). Saat pendekatan kedua itu Apophis akan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Astronom mengatakan Apophis tidak mungkin menabrak Bumi saat mendekat pada tahun 2029 atau 2036. Tapi masih ada kemungkinan Apophis akan menghantam Bumi saat pendekatan tahun 2068.

Saat ini Apophis berada di posisi ketiga dalam daftar objek berbahaya dekat Bumi yang disusun NASA. Perkiraan potensi tabrakan pada tahun 2068 bervariasi, mulai dari kemungkinan 1 berbanding 150.000 hingga 1 berbanding 530.000.

Jika Apophis benar-benar menabarak Bumi, dampaknya tidak akan main-main. Dengan lebar 350 meter, Apophis bisa menyebabkan ledakan setara dengan 1.150 megaton bahan peledak, atau sama dengan 3.800 bom atom Hiroshima meledak dalam waktu bersamaan.

Karena potensi ancaman tersebut, pergerakan Apophis terus diamati oleh astronom. Salah satunya lewat 99942 Apophis Observing Campaign yang digagas oleh International Asteroid Warning Network (IAWN).

Astronom di Goldstone Deep Space Communication NASA di California, AS akan ikut mengamati asteroid Apophis, begitu juga dengan Green Bank Telescope di West Virginia, AS.

NASA juga sudah melakukan langkah antisipasi terhadap kemungkinan terburuk walau waktumya masih jauh di masa depan. Salah satunya adalah dengan mengubah arah asteroid itu sehingga menjauh dari Bumi.



Simak Video "NASA Pastikan Bumi Aman dari Hantaman Astereoid Apophis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)