4 Situasi yang Tidak Disarankan Pakai Hand Sanitizer

4 Situasi yang Tidak Disarankan Pakai Hand Sanitizer

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 26 Feb 2021 22:37 WIB
hand sanitizer
Ilustrasi memakai hand sanitizer. Foto: shutterstock
Jakarta -

Karena takut terpapar kuman dan infeksi, hand sanitizer menjadi pilihan yang sering digunakan. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti ini.

Namun tidak semua situasi membuat seseorang dianjurkan memakai hand sanitizer. Ada beberapa momen berikut ini yang justri sebaliknya sebagaimana dikutip detikINET dari Times of India, Jumat (26/2/2021):

1. Kamu punya akses mencuci tangan pakai air dan sabun

Hand sanitizer menjadi pilihan kedua jika kamu memiliki kemampuan untuk mengakses air bersih dan sabun. Kalau ada air dan sabun, itu lebih baik daripada hand sanitizer. Pakar setuju bahwa cuci tangan 20 detik bisa menyingkirkan kuman dengan baik.

2. Jelas-jelas tangannya kotor

Tangan sudah terlihat kotor, kok masih ngotot memakai hand sanitizer? Pembersih tangan berbahan dasar alkohol tidak menghilangkan kotoran dan kurang efektif membunuh virus dan bakteri jika tangan kotor.

Jika kamu perlu membersihkan kotoran, gunakan sabun dan air. Misalnya setelah berkebun, olahraga, bermain di luar, kamu harus menghindari penggunaan hand sanitizer.

3. Tidak habis memegang orang atau sesuatu

Banyak dari kita menggunakan hand sanitizer hanya karena kebiasaan. Tetapi penggunaan yang sering dapat membuat bakteri resisten, kata sebuah studi baru. Bakteri menjadi kebal seiring waktu dengan penggunaan pembersih tangan yang berlebihan. Semakin banyak kita menggunakan hand sanitizer, semakin besar kemungkinan kuman menjadi toleran terhadap alkohol. Oleh karena itu, pastikan menggunakan hand sanitizer hanya jika diperlukan.

4. Kelewat sering setiap ada orang yang bersin

Pasti secara refleks kamu sering menggunakan hand sanitizer ketika seseorang yang duduk di sebelah kamu bersin. Faktanya adalah ketika seseorang batuk atau bersin di dekatmu, risiko kamu akan tertular infeksi bisa saja terjadi tapi itu dari droplet saat bernapas.

Tangan yang terkontaminasi bukanlah satu-satunya cara untuk terkena infeksi. Jadi, jangan terlalu panik dan membersihkan tangan kamu lagi dan lagi saat seseorang yang duduk di dekatmu batuk atau bersin. Karena itu penting untuk memakai masker guna menghindari paparan droplet.



Simak Video "Peneliti Ungkap Hand Sanitizer Bisa Pengaruhi Hasil Tes GeNose"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)