7 Pertanyaan Soal COVID-19 yang Paling Banyak Dicari di Google

7 Pertanyaan Soal COVID-19 yang Paling Banyak Dicari di Google

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 25 Feb 2021 16:12 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
7 Hal Seputar COVID-19 yang Banyak Ditanyakan Netizen ke Google (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kehidupan masyarakat dunia dalam setahun terakhir mengalami perubahan karena pandemi virus Corona. Perubahan ini juga tercermin dari kata kunci yang sering ditanyakan netizen di Google.

Satu tahun setelah pandemi berlangsung, Google merilis daftar tren penelusuran tentang COVID-19 yang paling banyak dicari di dunia dan di Indonesia. Data ini dikumpulkan dari 1 Januari 2020 sampai 31 Januari 2021.

Data Editor Google News Lab Simon Rogers mengatakan jika biasanya pencarian Google didominasi oleh topik cuaca, dalam setahun belakangan justru diramaikan oleh penelusuran tentang virus Corona.

"Banyak cerita besar yang dibentuk oleh virus Corona dan cukup tidak biasa melihat satu topik merembes ke semua penelusuran," kata Rogers dalam media briefing virtual, Kamis (25/2/2021).

"Tidak hanya pencarian tentang kesehatan tapi juga musik, film, televisi, olahraga, ekonomi atau politik. Semuanya dibentuk oleh virus Corona dan ini sangat umum ditemukan di seluruh dunia," sambungnya.

Untuk pencarian di Indonesia, pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh netizen cukup sederhana seperti 'Apa itu virus corona?', 'Kapan corona berakhir?' dan 'Cara mencegah virus corona?'.

Indonesia juga masuk dalam sepuluh besar negara yang banyak menelusuri kueri 'Masker' di Google, bersamaan dengan Hong Kong, Singapura, Prancis, Amerika Serikat dan Kanada.

Penelusuran Google seputar COVID-19Penelusuran terbanyak di Google seputar COVID-19 Foto: Google

Sedangkan untuk penelusuran di seluruh dunia lebih didominasi tentang update terbaru seputar virus Corona seperti 'Berita virus Corona', 'Statistik virus Corona', dan 'Virus corona CDC'.

"Yang kita perhatikan di seluruh dunia adalah orang-orang sangat lapar mencari informasi mentah yang bisa mereka percaya. Ada banyak misinformasi tentang virus Corona, dan orang-orang banyak yang ke Google hanya untuk mencari fakta karena mereka ingin mencari informasi yang bisa dipercaya," jelas Rogers.

Dari data ini, Google melihat evolusi dari hal-hal yang banyak dicari pengguna sepanjang tahun. Jika awalnya pencarian didominasi informasi mendasar seputar COVID-19, netizen kemudian mencari informasi yang lebih proaktif seperti bagaimana cara membuat masker atau bagaimana cara membuat hand sanitizer.

Berikut daftar lengkap pertanyaan teratas seputar virus Corona di Indonesia versi Google:

  1. Apa itu virus corona?
  2. Kapan corona berakhir?
  3. Cara mencegah virus corona?
  4. Cara penyebaran virus corona?
  5. Apa penyebab virus corona?
  6. Bagaimana awal penyebaran virus corona?
  7. Apa gejala virus corona?

Berikut 10 pertanyaan teratas seputar virus Corona di seluruh dunia:

  1. Update virus corona
  2. Gejala virus corona
  3. Berita virus corona
  4. Worldmeter virus corona
  5. Statistik virus corona
  6. Peta virus corona
  7. Vaksin virus corona
  8. Kasus virus corona
  9. Korban jiwa virus corona
  10. Virus corona CDC


Simak Video "Google Doodle Hari Ini Ingatkan Cara Pencegahan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)