Rover NASA Mendarat di Mars, Joe Biden: Kekuatan Sains Amerika

Rover NASA Mendarat di Mars, Joe Biden: Kekuatan Sains Amerika

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 09:09 WIB
Joe Biden Nonton Pendaratan di Mars
Joe Biden nonton pendaratan Perseverance di Mars. Foto: https://twitter.com/POTUS
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, mengucapkan selamat atas keberhasilan lembaga antariksa NASA mendaratkan rover robotika Perseverance di permukaan Planet Mars. Ia menyatakan kesuksesan itu dimungkinkan berkat kekuatan sains Amerika.

"Selamat untuk NASA dan setiap orang yang kerja kerasnya memungkinkan pendaratan historis Perseverance. Hari ini sekali lagi membuktikan bahwa dengan kekuatan sains dan kecerdasan Amerika, tidak ada yang tidak mungkin," tulisnya di Twitter.

Wakil Presiden Kamala Harris pun memberi ucapan senada. "Selamat pada NASA dan semua mitra mereka dalam misi sukses ini. Pendaratan historis hari ini mewujudkan kegigihan bangsa kita, membangun dari prestasi masa silam dan membuka jalan untuk misi masa depan," cetusnya.

"Selamat pada NASA atas suksesnya pendaratan rover Perseverance yang seukuran mobil SUV di planet Mars. Ia membawa juga drone helikopter, sebuah perangkat uji terbang, manuver dan navigasi di atmosfer Mars," sebut pakar fisika tenar Neil deGrasse Tyson.

Perseverance dalam misi setidaknya 2 tahun lamanya, akan mengumpulkan data dan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di kawah Jezero Crater yang dulu merupakan sebuah danau pada 3,9 miliar tahun silam. Pihak NASA menyebut pendaratannya nyaris sempurna.

"Kami berada di tempat datar yang bagus. Kendaraannya hanya miring sekitar 1,2 derajat. Jadi kami sukses menemukan tempat parkir itu dan rovernya aman di tanah. Saya sangat bangga pada tim," kata Allen Chen, ilmuwan NASA yang memimpin tim pendaratan.

Jezero Crater sendiri belum pernah dijelajahi dalam misi sebelumnya. "Ada sesuatu yang istimewa dalam hari-hari pertama misi ini karena kami baru saja mendarat sebagai perwakilan Bumi di tempat di Mars yang belum pernah dikunjungi sebelumnya," ujar Mike Watkins, direktur Jet Propulsion Laboratory NASA yang dikutip detikINET dari BBC, Jumat (19/2/2021).



Simak Video "Robot Canggih NASA Rekam Suara dari Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)