Robot Tercanggih NASA Sukses Mendarat di Permukaan Mars

Robot Tercanggih NASA Sukses Mendarat di Permukaan Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 04:18 WIB
This illustration provided by NASA depicts the Mars 2020 spacecraft carrying the Perseverance rover as it approaches Mars. Perseverance’s $3 billion mission is the first leg in a U.S.-European effort to bring Mars samples to Earth in the next decade.
Ilustrasi Perseverance di permukaan Mars. Foto: NASA/JPL-Caltech via AP
Jakarta -

Lembaga antariksa NASA berhasil mendaratkan rover robotika tercanggihnya, Perseverance, di permukaan Planet Mars setelah melalui perjalanan selama sekitar 6 bulan. Rover ini akan mencari jejak-jejak kehidupan di Planet Merah tersebut.

"Perseverance menjadi rover kelima dari NASA yang mendarat dengan selamat di permukaan Mars setelah menghadapi teror 7 menit," demikian laporan dari CNN yang dikutip detikINET, Jumat (19/2/2021).

"Ini adalah rover paling canggih yang pernah dikirimkan oleh lembaga antariksa itu ke Planet Merah. Ia akan mengumpulkan data dan mencari tanda-tanda kehidupan purba di kawah yang dulu merupakan sebuah danau pada 3,9 miliar tahun silam," tambah CNN.

Perseverance berhasil melalui apa yang disebut sebagai teror 7 menit, yang menentukan apakah rover ini akan selamat mendarat atau tidak. Itu adalah saat di mana wahana dan segenap peralatan pendaratannya bermanuver menurunkan akselerasi secara drastis. Semua timing harus pas.

Para awak yang berada di ruang kontrol NASA pun tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Mereka bersorak begitu Perseverance dipastikan telah mendarat dengan aman di Mars.

Perseverance menyusul wahana Hope dari Uni Emirat Arab yang juga baru tiba di sana beberapa hari lalu, diikuti oleh Tianwen-1 dari China. Hope sebatas melakukan penelitian di orbit sedangkan Tianwen-1 akan menurunkan rover dalam beberapa bulan mendatang.

Perseverance menggunakan nuklir sebagai bahan bakar utamanya sehingga tak perlu mengandalkan sinar matahari untuk isi baterai. Ia dilengkapi 19 kamera, dan empat kamera tambahan untuk memandu saat proses pendaratan. Salah satu sistem kamera utamanya adalah Mastcam-Z, berfungsi mirip seperti mata manusia.

Tugas utama kamera ini adalah mengambil video definisi tinggi,panorama berwarna dan foto 3D permukaan Mars dan fitur yang ada di atmosfer menggunakan lensa zoom. Adapun ars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE dipakai untuk membantu mempersiapkan manusia dalam misi berawak menuju Mars. Ia dirancang mengubah karbondioksida Mars jadi oksigen.

Ada pula helikopter mini Ingenuity yang disembunyikan dalam 'perut' Perseverance. Beberapa bulan setelah mendarat di Mars, helikopter seberat 1,8 kg ini akan terbang, dan akan menjadi kendaraan dengan baling-baling pertama yang mengudara di planet lain.



Simak Video "Mau Tahu Posisi Robot Penjelajah Mars? Cek Maps Ini! "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)