Deretan Bukti Babi Punya Kecerdasan Kognitif Tinggi

Deretan Bukti Babi Punya Kecerdasan Kognitif Tinggi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 16 Feb 2021 06:15 WIB
Babi memiliki kemampuan luar biasa untuk belajar cara bermain video game. Ini bisa menjadi tanda bahwa babi merupakan salah satu hewan berkognitif baik.
Babi bisa bermain video game bukti mereka hewan yang punya kemampuan kognitif baik. Foto: Candace Croney
Jakarta -

Babi memiliki kemampuan luar biasa untuk belajar cara bermain video game. Keterampilan ini menyoroti tingkat kecerdasan dan fleksibilitas kognitif yang sangat tinggi pada hewan babi.

Beberapa babi baru-baru ini menjadi subjek penelitian di jurnal Frontiers in Psychology. Penelitian tersebut melihat dua babi Yorkshire, bernama Hamlet dan Omelette, dan dua babi mikro Panepinto, Ebony dan Ivory, yang diajari cara bermain video game sederhana. Babi dilatih untuk menggerakkan joystick dengan moncongnya di depan layar komputer. Jika mereka berhasil memindahkan penunjuk menggunakan joystick ke salah satu target di layar, mereka diberi hadiah makanan ringan.

Uniknya, setelah babi berhenti menerima hadiah, mereka dapat menyelesaikan tugas hanya dengan menggunakan isyarat verbal dan sentuhan. Para peneliti, yang sebelumnya telah mendalami kognisi simpanse, menyebutkan kemampuan para babi ini sangat luar biasa.

"Bukan hal kecil bagi seekor hewan untuk memahami konsep bahwa perilaku yang mereka lakukan berdampak di tempat lain. Fakta bahwa babi dapat melakukan ini pada tingkat apa pun seharusnya membuat kita menempatkan perhatian kepada apa lagi yang mampu mereka pelajari dan bagaimana pembelajaran tersebut dapat berdampak pada mereka," kata Dr Candace Croney, penulis utama studi dan profesor di Purdue University dan direktur Purdue Center for Animal Welfare Science, dalam sebuah pernyataan.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa babi adalah salah satu makhluk paling cerdas di dunia hewan. Akan tetapi, mengingat babi adalah hewan ternak, penelitian ini juga menimbulkan beberapa pertanyaan. Salah satunya, jika babi adalah makhluk yang sangat cerdas dengan kemampuan kognitif tertentu yang sebanding dengan simpanse, haruskah hal itu mengubah cara kita memperlakukan mereka dalam praktik perternakan?

"Studi semacam ini penting karena, seperti halnya makhluk hidup lainnya, bagaimana kita berinteraksi dengan babi dan apa yang kita lakukan terhadap mereka berdampak dan penting bagi mereka," cetus Croney.Demikian dikutip dari IFL Science.

Selain bermain video game, babi juga memiliki kemampuan cepat untuk mempelajari berbagai trik. Sebelumnya, para peneliti telah menemukan bahwa babi dapat menggunakan cermin untuk menemukan makanan mereka dan mencoba menipu babi lain sehingga mereka dapat mendapatkan lebih banyak makanan.

Babi juga bisa belajar dengan cepat melakukan berbagai trik seperti misalnya melompati lingkaran.



Simak Video "Penjelasan Ibu di Depok Penuding Tetangga Babi Ngepet"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)