Video Ini Bukti Lempeng Bumi Bergerak Selama 1 Miliar Tahun

Rabu, 10 Feb 2021 12:11 WIB
Planet Bumi
Video Ini Tampilkan Gerakan Tektonik Lempeng Bumi 1 Miliar Tahun. Foto: Getty Images

Selama miliaran tahun, lempeng Bumi terus bergerak. Ilmuwan merangkum pergerakan tektonik lempeng Bumi selama miliaran tahun ini dalam video berdurasi 40 detik.

Sekelompok tim ahli geosains internasional menciptakan model tektonik yang memungkinkan kita menyaksikan perubahan radikal yang memperlihatkan bagaimana planet kita berubah selama ribuan tahun. Dari mulai benua yang bergeser hingga membentuk kembali lautan.

Pergerakan lempeng tektonik adalah teori tentang bongkahan besar batuan (lempeng) yang bergerak di atas mantel planet. Lempeng ini dapat menjelaskan perubahan radikal di lokasi daratan dalam kurun waktu yang lama.

Dikutip dari Cnet, Rabu (10/2/2021) para peneliti menuliskan makalah pemodelan tersebut di jurnal ilmiah Earth-Science Reviews yang akan dipublikasikan pada Maret 2021.

"Pada skala waktu manusia, benda-benda bergerak dalam sentimeter per tahun, tetapi seperti yang bisa kita lihat dari video animasi tersebut, benua telah berada di mana-mana pada masanya," kata rekan penulis Michael Tetley dari University of Sydney.

"Tempat seperti Antartika yang sekarang kita lihat sebagai tempat dingin dan tidak bersahabat, sebenarnya pernah menjadi tujuan liburan yang menyenangkan di khatulistiwa," sambungnya.

Video semacam ini bukan hal baru. University of Sydney mengatakan, kemampuan untuk memodelkan lempeng tektonik seperti ini akan membantu para ilmuwan tak hanya memahami pergerakan fisik lempeng Bumi, tetapi juga bagaimana iklim telah berubah, bagaimana arus laut ikut berubah, dan bagaimana nutrisi mengalir dari dalam Bumi untuk merangsang evolusi biologis.

"Cerita mengenai lempeng tektonik terkait dengan kisah kelayakan planet kita. Dengan model baru ini, kita semakin memahami bagaimana Planet Biru yang indah ini menjadi tempat lahir kita," kata ahli geologi Dietmar Muller.

Berikut ini video berdurasi 40 detik yang menampilkan gerakan tektonik lempeng Bumi selama 1 miliar tahun.

[Gambas:Youtube]