Tiba di Planet Mars, Wahana Uni Emirat Arab Ukir Sejarah

Tiba di Planet Mars, Wahana Uni Emirat Arab Ukir Sejarah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 10 Feb 2021 06:19 WIB
An Emirati man prepares to watch the launch of the
Ilustrasi wahana Uni Emirat Arab tiba di orbit Mars. Foto: AP/Jon Gambrell
Dubai -

Uni Emirat Arab mengukir sejarah dengan menjadi negara Arab pertama yang berhasil menyambangi orbit Planet Mars dengan wahananya yang bernama Hope. Wahana tersebut mencapai Mars pada pukul 7.42 malam waktu setempat dan mengirimkan sinyal pertama ke Bumi pada setengah jam kemudian.

Tim yang menanganinya di Mohammed Bin Rashid Space Centre pun bersorak gembira. Uni Emirat Arab berhasil tiba lebih dulu dibandingkan wahana China dan Amerika Serikat yang juga hampir sampai di Mars.

"204 hari dan lebih dari 480 juta kilometer, #HopeProbe sekarang sudah menangkap orbit dari Mars," demikian bunyi akun Twitter resmi dari misi ambisius tersebut, dengan Hashtag #ArabToMars.

Berhasil tiba di orbit Mars merupakan prestasi monumental. Pasalnya, peluang untuk sukses hanya sekitar 50%, di mana separuh misi ke Planet Mars mengalami kegagalan.

Selama kurang lebih 27 menit, Hope harus melambatkan diri secara dramatis dari kecepatan 100 ribu kilometer per jam menjadi hanya 18 ribu kilometer per jam. Para engineer di Bumi hanya bisa menunggu karena ada delay komunikasi selama 11 menit.

Penelitian dari wahana UEA ini bakal menambah pengetahuan tentang kenapa Mars kehilangan banyak udara dan air. Misi besar yang diharapkan meningkatkan gairah bakat-bakat cemerlang di wilayah Arab untuk menekuni sains.

Beberapa negara pun mengucapkan selamat atas pencapaian Uni Emirat Arab, termasuk lembaga antariksa NASA. Ilmuwan Amerika membantu pembuatan wahana tersebut.

"Selamat @HopeMarsMission tiba dengan selamat di orbit Planet Mars. Usaha keras Anda untuk mengeksplorasi Planet Merah akan menginspirasi yang lain mencapai bintang. Kami berharap bergabung segera dengan Anda dengan Perseverance," sebut NASA.



Simak Video "Bertemu dengan Bahrain-UEA, Israel Bakal Perkuat Hubungan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)