Akhirnya, Wahana Antariksa China Potret Keindahan Planet Mars

ADVERTISEMENT

Akhirnya, Wahana Antariksa China Potret Keindahan Planet Mars

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 07 Feb 2021 05:44 WIB
Selfie tianwen-1 dalam perjalanan ke mars
Foto: CNSA
Jakarta -

Menjelang tiba sampai orbit Mars, wahana antariksa Tianwen-1 milik China langsung memamerkan keahliannya. Planet Mars berhasil dipotret untuk pertama kalinya oleh Tianwen-1.

Tianwen-1 sendiri diperkirakan akan tiba di Mars pada 10 Februari mendatang usai diluncurkan Juli 2020 menggunakan roket Long March 5 dari Wenchang Satellite Launch Center di Pulau Hainan, China.

China National Space Administration (CNSA) mengatakan, Tianwen-1 sudah mengangkasa selama 24 minggu. 3 Januari lalu, posisinya sekitar 130 juta km dari Bumi dan 8,3 juta km dari Mars.

Di saat jarak Tianwen-1 dengan Mars hanya 2,2 juta kilometer dan melihat planet tetangga Bumi itu sudah begitu dekat, Tianwen-1 pun kemudian memotret Mars untuk pertama kalinya. Sekarang berdasarkan data terbaru, wahana tersebut tinggal 1,1 juta km lagi dari planet merah.

"Tujuan utama misi ini adalah mendaratkan wahana antariksa Mei ini di bagian selatan Utopia Planitia Mars, sebuah cekungan terbesar yang diakui di Tata Surya, untuk melakukan survei ilmiah, ujar CNSA dikutip dari BGR, Minggu (7/2/2021).

Planet MarsPlanet Mars Foto: CNSA

Dalam perjalan awalnya, Tianwen-1 telah berhasil menyelesaikan beberapa tugas termasuk mengambil foto Bumi dan Bulan, menyesuaikan jalur orbit dan mengecek muatannya.

CNSA mengatakan saat tiba di orbit Mars Tianwen-1 akan berjarak 190 juta km dari Bumi. Total perjalanan yang ditempuh wahana ini sejak diluncurkan pada bulan Juli 2020 adalah 470 juta km.

Tianwen-1 membawa tiga wahana antariksa, yaitu orbiter, lander dan rover yang akan tiba di Mars pada Februari ini. Setelah memasuki orbit, Tianwen-1 akan memulai proses untuk mendaratkan robot penjelajah (rover) ke permukaan Mars. Wahana pengorbit akan mulai proses pencitraan calon lokasi pendaratan yang sesuai di sekitar wilayah Utopia Planitia.

CNSA mengatakan proses persiapan ini akan memakan waktu yang lama, dan pendaratan baru akan dimulai pada bulan Mei.

Jika sukses mendarat rover seberat 240 kg yang dibawa Tianwen-1 akan menginvestigasi karakteristik tanah dan distribusi air es menggunakan instrumen Subsurface Exploration Radar. Rover ini juga akan menganalisa komposisi material permukaan dan karakteristik iklim dan lingkungan permukaan Mars.

Jika semuanya berjalan lancar, China akan menjadi negara ketiga yang berhasil mendaratkan wahana antariksa di Mars setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet.



Simak Video "Eksplorasi Mars Berujung Menyisakan Sampah Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT