Pertama Kali dalam 17 Tahun, Miliaran Tonggeret Akan Invasi AS

Pertama Kali dalam 17 Tahun, Miliaran Tonggeret Akan Invasi AS

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 30 Jan 2021 11:10 WIB
tonggeret
Pertama Kali dalam 17 Tahun, Miliaran Tonggeret Akan Invasi AS. Foto: CNET
Jakarta -

Beberapa wilayah Amerika Serikat (AS) bagian timur akan segera menyaksikan pemandangan yang cukup menarik, yakni miliaran tonggeret akan muncul dari bawah tanah untuk pertama kalinya sejak 2004 untuk bersuara dan kawin kolektif.

Tonggeret periodik ini menghabiskan hampir seluruh hidup mereka berada di bawah tanah dan hidup dari getah akar pohon. Pada musim semi tahun ke-13 atau ke-17, nimfa tonggeret dewasa muncul untuk mengalami tahap dewasa yang pendek dan serentak dalam jumlah masif.

"Mereka mungkin berkumpul di taman, hutan, lingkungan sekitar dan tampaknya akan ada di mana-mana," kata ahli entomologi dari Michigan State University Gary Parsons, dikutip dari CNet.

"Ketika mereka muncul secara bersamaan dan berlimpah ini, mereka akan terbang, mendarat dan merangkak di mana-mana, termasuk kadang-kadang mendarat di manusia," sambungnya.

AS bagian timur adalah rumah bagi enam spesies tonggeret periodik yang muncul di tahun yang berbeda. Di musim semi tahun ini akan menjadi waktu kemunculan terbesar bagi anggota salah satu induk tonggeret dalam 17 tahun, yang dikenal sebagai Brood X. Mereka akan keluar dari tempat persembunyian di bawah tanah dan memamerkan tubuh hitam serta mata merahnya yang mencolok.

Lima belas negara bagian di AS akan mendengar "paduan suara" tonggeret yang kencang ini yakni di Delaware, Georgia, Illinois, Indiana, Kentucky, Maryland, Michigan, North Carolina, New Jersey, New York, Ohio, Pennsylvania, Tennessee, Virginia, dan Virginia Barat , serta di Washington, DC.

Kemunculan tonggeret biasanya dimulai sekitar pertengahan Mei dan berlangsung hingga akhir Juni. Sebagian orang menganggap invasi serangga sebagai gangguan, sementara yang lain menyambutnya sebagai keajaiban alam.

Sejumlah orang malah ada yang sengaja melakukan perjalanan di daerah munculnya tonggeret untuk menikmati suara dan kedatangan tonggeret. Bahkan, ada sebuah aplikasi gratis di iOS dan Android bernama Cicada Safari untuk memfasilitasi hobi ini. Aplikasi tersebut memungkinkan pencatatan penampakan tonggeret untuk membantu para ilmuwan memverifikasi siklus hidup mereka, serta hubungan induk satu sama lain.

Parsons menekankan, serangga ini tidak berbahaya dan biasanya tidak masuk ke dalam ruangan, meskipun mereka berkumpul di luar dinding.

"Satu-satunya cara mereka bisa masuk adalah secara tidak sengaja terbang masuk melalui pintu atau jendela yang terbuka, atau karena mereka mendarat di seseorang yang kemudian membawanya ke dalam rumah tanpa diketahui," kata Parsons.

Jadi mengapa begitu banyak jangkrik keluar secara massal dalam waktu bersamaan? Diperkirakan bahwa dengan muncul secara massal, serangga tersebut menangkal predator sehingga cukup banyak yang dapat hidup lebih lama dan kawin.



Simak Video "Polisi Tangkap Pedagang Satwa Langka di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)