Laba-laba Joker dan Belasan Spesies Lain Ditemukan Ilmuwan di 2020

Laba-laba Joker dan Belasan Spesies Lain Ditemukan Ilmuwan di 2020

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 19 Jan 2021 16:35 WIB
spesies baru
Foto: via Mongabay
Jakarta -

Adanya temuan spesies baru di Bumi yang begitu luasnya ini adalah sebuah kabar menggembirakan bagi ilmu pengetahuan. Itu artinya, ada secercah kekayaan keanekaragaman hayati yang belum dipetakan yang masih tersembunyi di seluruh dunia.

"Setiap tahun, saat ilmuwan menjelajahi ekosistem dunia, menelusuri herbaria dan jamur, mengurutkan DNA organisme, dan semakin banyak menjelajahi media sosial, mereka menemukan spesies tumbuhan dan jamur yang belum dideskripsikan secara ilmiah," tulis laporan State of the World's Plants and Fungi 2020 yang dirilis September lalu oleh Royal Botanic Gardens, Kew (RBG Kew).

Banyak spesies baru dideskripsikan tahun ini, antara lain termasuk beberapa ular, katak, serangga, dan bahkan spesies primata baru. Sedangkan di laut, para ilmuwan melihat paus berparuh yang mungkin merupakan spesies baru dan siphonophore melingkar misterius yang diyakini sebagai hewan terpanjang yang pernah tercatat.

Jenis tumbuhan dan jamur juga selalu memberi kejutan adanya keanekaragaman yang belum dijelajahi. Tahun ini, RBG Kew menyebutkan ada 156 tumbuhan dan jamur dari Afrika, Asia, Amerika, dan Inggris, demikian diberitakan Mongabay, seperti dilihat Selasa (19/1/2021).

Missouri Botanical Gardens di Inggris baru-baru ini menyebutkan 10 penemuan tumbuhan yang dinilai kharismatik dari tahun 2020, antara lain termasuk spesies baru pohon eboni, carnivorous sundew, dan jenis baru daun mint. Namun, meski suatu spesies tampaknya baru muncul di dunia sains, bukan berarti spesies ini tidak pernah terlihat atau dinamai sebelumnya.

"Banyak spesies yang baru dalam ilmu pengetahuan sebenarnya telah dikenal dan digunakan oleh orang-orang di daerah asalnya, orang-orang yang telah menjadi penjaga utama spesies tersebut, dan sering memiliki pengetahuan lokal yang tak tertandingi," tulis Alexandre Antonelli, direktur sains di RBG Kew.

Beberapa spesies unik memakai nama ilmiah dari film. Ada ular Salazar dari nama tokoh di Harry Potter, Salazar Slytherin. Ada lagi laba-laba wajah Joker, Loureedia phoenixi. Betul, namanya diambil dari aktor pemeran Joker, Joaquin Phoenix.

Setidaknya, berikut ini penemuan 15 spesies baru teratas dari tahun 2020:

  1. Primata terkecil di dunia, lemur tikus Yunus, Microcebus jonahi
  2. Katak liliput terkecil di dunia, Noblella sp. Nov.
  3. Lutung terancam punah, lutung Popa, Trachypithecus popa
  4. Ular berbisa Salazar, Trimeresurus salazar
  5. Tokek hutan Bicol, Pseudogekko hungkag
  6. Katak raksasa Madagaskar, Mantidactylus radaka
  7. Tawon Acrotaphusparasitoid
  8. Anggrek Bulbophyllum dologlossum
  9. Salamander Eurycea arenicola
  10. Semak bersisik, Tiganophyton karasense
  11. Kalajengking raksasa, Heterometrus yaleensis
  12. Ular sisik warna-warni, Achalinus zugorum
  13. Kepiting laba-laba pohon, Leptarma biju
  14. Spesies baru jamur Cortinarius heatherae
  15. Laba-laba berbulu wajah Joker, Loureedia phoenixi.


Simak Video "NASA Rayakan 20 Tahun Operasi Muatan Sains ISS"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)