Teori Baru Misteri Pesawat Lenyap Ditelan Segitiga Bermuda - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Teori Baru Misteri Pesawat Lenyap Ditelan Segitiga Bermuda

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 12 Des 2020 17:42 WIB
Bermuda
Foto: Segitiga Bermuda

"Investigasi menemukan bahwa situasi luar menjadi gelap dan cuaca berubah, Taylor mengarahkan pesawat ke lokasi yang salah. Taylor juga punya rekam jejak tersesat saat terbang. Dia pernah dua kali harus diselamatkan di Lautan Pasifik," cetus Shane.

Adapun pesawat bomber Grumman Avenger yang mereka pakai rentan tenggelam jika dipaksa mendarat di air laut. "Dan sekali pesawat tenggelam di lautan luas, mereka sering tak ditemukan lagi. Sekarang pun begitu. Misalnya, hanya sejumlah kecil kepingan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang ditemukan," lanjut dia.

Faktor lainnya menurutnya adalah cukup banyak pilot dalam penerbangan Flight 19 yang kurang berpengalaman. "Kebanyakan pilot masih latihan. Artinya mereka tidak diajari dengan sepantasnya untuk menggunakan seluruh instrumen saat terbang di malam hari atau cuaca buruk," papar Shane.

Mengenai kapal yang hilang di Segitiga Bermuda, menurutnya tidak jauh berbeda dari kapal yang lenyap di wilayah lain dengan mempertimbangkan luasnya lautan. Akan tetapi tentu teori ini masih perlu dibuktikan dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

"Kita tentu tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya dan kita harus mencoba untuk mempelajari lebih lagi," pungkas dia.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT