Fakta-fakta Munculnya Tugu Logam Misterius di Penjuru Dunia

Fakta-fakta Munculnya Tugu Logam Misterius di Penjuru Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 07 Des 2020 20:00 WIB
AThis Nov. 27, 2020 photo by Terrance Siemon shows a monolith that was placed in a red-rock desert in an undisclosed location in San Juan County southeastern Utah. New clues have surfaced in the disappearance of the gleaming monolith in Utah that seemed to melt away as mysteriously as it appeared in the red-rock desert. A Colorado photographer told a TV station in Salt Lake City that he saw four men push over the hollow, stainless steel structure in Utah on Friday night. (Terrance Siemon via AP)
Fakta-fakta Munculnya Tugu Logam Misterius di Penjuru Dunia Foto: AP Photo/Terrance Siemon
Jakarta -

Beberapa minggu belakangan ini internet dikejutkan dengan kemunculan monolit atau tugu logam misterius di tengah gurun di Utah, Amerika Serikat. Tugu ini kemudian menghilang secara misterius, dan dua tugu lainnya tiba-tiba muncul di California, AS dan Rumania.

Seiring berjalannya waktu, misteri di balik monolit ini mulai terungkap. Mulai dari lokasinya yang tidak diungkap secara publik sampai identitas pihak yang bertanggung jawab (yang ternyata bukan alien).

Sempat ketinggalan kehebohan munculnya monolit ini? Berikut rangkuman dari detikINET.

1. Sempat dikira ulah alien

Monolit ini pertama kali ditemukan oleh petugas patroli helikopter yang sedang menghitung populasi domba dari udara. Struktur tugu ini diperkirakan punya tinggi 3 meter dan tertancap sangat kuat di tanah.

Petugas patroli membagikan foto-foto monolit yang mereka temukan, dan seketika viral mengundang tanya. Banyak yang berkomentar dan berspekulasi mungkin saja monolit itu ada hubungannya dengan alien dan makhluk luar angkasa.

Pilot helikopter Bret Hutchings, kepada channel TV lokal KSLTV menyebutkan, monolit itu adalah benda teraneh yang ditemukannya selama bertahun-tahun bertugas patroli.

Hutchings mengatakan benda itu tampak seperti buatan manusia dan tampaknya ditanam dengan kuat di tanah, bukan jatuh dari langit seperti spekulasi kebanyakan orang.

"Saya berasumsi bahwa itu adalah gaya karya seni baru atau semacamnya, atau mungkin saja kerjaan seseorang yang merupakan penggemar berat film fiksi ilmiah Space Odyssey," ujarnya.

Saat pertama kali ditemukan, otoritas negara bagian Utah tidak membeberkan lokasi monolit tersebut dan mengimbau orang-orang agar tidak mengunjunginya supaya tidak tersesat. Tapi kemudian netizen berhasil menemukan lokasinya menggunakan informasi dari FlightAware dan Google Earth.

Dari data tersebut, monolit itu ternyata berada di area Taman Nasional Canyonlands dan Taman Nasional Dead Horse Point yang sering dijadikan lokasi syuting. Karena lokasinya, banyak yang mengira monolit ini merupakan properti film atau serial televisi yang lupa dibawa pulang.

Selanjutnya: Monolit Utah menghilang secara misterius