Tugu Logam Misterius Ditemukan di Gurun Terpencil, Karya Seni atau Alien?

Tugu Logam Misterius Ditemukan di Gurun Terpencil, Karya Seni atau Alien?

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 25 Nov 2020 13:42 WIB
monolit
Tugu logam misterius (Foto: Departemen Keamanan Publik Utah)
Jakarta -

Sebuah monolit ditemukan di bagian terpencil Utah, Amerika Serikat. Monolit berbahan logam ini misterius karena tidak diketahui apa, dan dari mana berasal.

Dikutip dari The Guardian, monolit tersebut ditemukan oleh petugas patroli helikopter yang bertugas menghitung domba dari udara. Struktur tugu ini diperkirakan punya tinggi 3 meter dan tertancap sangat kuat di tanah.

Seperti sudah disebutkan di awal, monolit ini terbuat dari bahan semacam logam. Kilauannya sangat kontras dengan bebatuan merah besar dan gurun di sekelilingnya.

Petugas patroli membagikan foto-foto monolit yang mereka temukan, dan seketika viral mengundang tanya. Banyak yang berkomentar dan berspekulasi mungkin saja monolit itu ada hubungannya dengan alien dan makhluk luar angkasa.

[Gambas:Instagram]


Pilot helikopter Bret Hutchings, kepada channel TV lokal KSLTV menyebutkan, monolit itu adalah benda teraneh yang ditemukannya selama bertahun-tahun bertugas patroli.

Hutchings bekerja di Departemen Keamanan Publik Utah dan salah satunya tugasnya adalah membantu petugas sumber daya satwa liar mengawasi dan menghitung domba bighorn di selatan negara bagian itu.

"Orang yang pertama kali melihatnya adalah salah satu ahli biologi yang ikut dalam patroli. Dia berteriak, 'Wah wah apa itu? Kita harus kembali lagi. Ada benda di belakang sana, kita harus melihatnya!," kata Hutchings menceritakan kejadiannya.

Hutchings mengatakan benda itu tampak seperti buatan manusia dan tampaknya ditanam dengan kuat di tanah, bukan jatuh dari langit seperti spekulasi kebanyakan orang.


"Saya berasumsi bahwa itu adalah gaya karya seni baru atau semacamnya, atau mungkin saja kerjaan seseorang yang merupakan penggemar berat film fiksi ilmiah Space Odyssey," ujarnya.

Setelah melihat monolit tersebut, kru helikopter mendarat untuk melihat lebih dekat. Berdasarkan video di darat yang diperoleh channel KLTV, terlihat bahwa anggota kru saling memanjat bahu untuk mencapai puncak monolit.



Untuk diketahui, domba bighorn hidup di beberapa daerah paling terjal dan terpencil di Utah dan bertahan hidup dalam kondisi iklim yang tidak bersahabat. Khawatir para penjelajah amatir penasaran ingin melihat monolit tersebut, kru penerbangan tidak mengungkapkan lokasi tepatnya.

Beberapa pengamat membandingkan monolit tersebut dengan patung karya seniman John McCracken yang tinggal di New Mexico dan New York hingga kematiannya pada tahun 2011. Sementara itu, pemilik galeri McCracken, David Zwirner, tidak menanggapi permintaan komentar terkait penemuan monolit yang disebut mirip karya McCracken ini.



Simak Video "Astronaut Beberkan Cara Pakai Toilet di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)