Terungkap! Biang Kerok di Balik Tugu Logam yang Misterius

Terungkap! Biang Kerok di Balik Tugu Logam yang Misterius

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 06 Des 2020 17:45 WIB
monolit
Terungkap! Biang Kerok di Balik Tugu Logam yang Misterius. Foto: Departemen Keamanan Publik Utah
Jakarta -

Misteri tugu logam yang viral akhirnya terungkap. Sekelompok seniman mengaku bertanggung jawab atas kemunculan monolit yang sempat diduga ditanam alien tersebut.

Para seniman yang menamai diri The Most Famous Artist itu memposting foto dan petunjuk di akun Instagram mereka yang merinci pembuatan monolit tersebut. Mereka menjualnya masing-masing seharga USD 60.596 (sekitar Rp 857 juta).

Di akun Instagram @themostfamousartist, kelompok seniman yang berbasis di Santa Fe, New Mexico ini memposting foto-foto monolit. Beberapa foto di antaranya tampak cocok dengan berbagai pemberitaan tentang tugu ini.

Salah satu foto memperlihatkan tugu logam dengan latar gurun di Utah, AS. Ini adalah lokasi pertama tugu tersebut ditemukan yang langsung membuat kehebohan.

[Gambas:Instagram]

Foto monolit lainnya tampak berlokasi di puncak Pine Mountain di Atascadero, California, AS, lokasi lain ditemukannya tugu ini. Namun tidak ada foto tugu yang memperlihatkan kemunculan tugu logam di Rumania. Foto-foto lainnya menampilkan tugu tersebut sedang berada di workshop seni mereka.

tugu logam misteriusFoto: Instagram

Salah satu follower akun tersebut bertanya lewat kolom komentar. "Jadi (pelakunya) kalian?," tanya si follower. Pertanyaan itu tentu saja terkait dengan kemunculan "tugu alien" tersebut baru-baru ini. Akun itu pun membalas komentar tersebut. "Kalau yang kamu maksud kami (orangnya), ya," jawab akun tersebut.

Matty Mo, pendiri The Most Famous Artist, saat diwawancarai oleh Mashable, tidak memberikan jawaban tegas secara langsung, dan memberikan catatan bahwa dirinya tidak bisa banyak bicara karena legalitas dari instalasi aslinya.

"Saya hanya bisa mengatakan kami terkenal dengan aksi-aksi semacam ini, dan saat ini kami menawarkan benda-benda seni otentik melalui monolit-as-a-service," kata Mo.

Dikatakan Mo, saat ini dia tidak bisa mengeluarkan lebih banyak gambar dan informasi, tapi menjanjikan akan ada lebih banyak detail tentang karya seni ini dalam beberapa pekan mendatang.

"Kami memikirkan cara yang lebih baik untuk mengakhiri tahun yang penuh kekacauan ini ketimbang membiarkan dunia secara singkat berpikir ada alien melakukan kontak lewat sebuah benda. Ini hanya trik yang dimainkan The Most Famous Artist," tambahnya.

Alhasil, jelas sudah terungkap bahwa tugu tersebut bukan benda yang dibawa atau dtinggalkan alien seperti yang liar dibicarakan netizen. Sebelumnya diberitakan, netizen ramai membicarakan penemuan tugu logam seperti di film fiksi ilmiah di tengah gurun terpencil di Utah, AS.

Tak lama kemudian, muncul monolit serupa di Rumania, namun keduanya telah menghilang. Tak lama berselang, ditemukan tugu logam lainnya, di California, AS.



Simak Video "Tiang Logam Misterius Juga Ditemukan di Rumania"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)