Hilangnya Tugu Logam Misterius di Gurun Bukan Ulah Alien, Ini Pelakunya

Hilangnya Tugu Logam Misterius di Gurun Bukan Ulah Alien, Ini Pelakunya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 13:13 WIB
This Nov. 18, 2020 photo provided by the Utah Department of Public Safety shows a Utah state worker inspecting a metal monolith that was found installed in the ground in a remote area of red rock in Utah. The smooth, tall structure was found during a helicopter survey of bighorn sheep in southeastern Utah, officials said Monday. State workers from the Utah Department of Public Safety and Division of Wildlife Resources spotted the gleaming object from the air and landed nearby to check it out. The exact location is so remote that officials are not revealing it publicly, worried that people might get lost or stranded trying to find it and need to be rescued. (Utah Department of Public Safety via AP)
Bukan Alien, Ini Dia yang Hilangkan Tugu Logam Misterius di Gurun Utah, AS (Foto: AP)
Jakarta -

Minggu lalu, monolit atau tugu logam misterius di tengah gurun di Utah, Amerika Serikat menghebohkan internet. Tapi beberapa hari kemudian, monolit itu tiba-tiba menghilang.

Bureau of Land Management Utah mengatakan mereka tidak memindahkan monolit tersebut dan tidak tahu siapa yang melakukannya. Kini misteri siapa yang memindahkan monolit tersebut sudah terjawab, dan jawabannya bukan alien.

Ross Bernard, seorang fotografer petualang asal Colorado, Amerika Serikat sedang mengunjungi lokasi monolit tersebut pada Jumat (27/11) malam bersama teman-temannya.

Sekitar 1 jam dan 40 menit setelah mengambil foto monolit, Bernard melihat empat orang pria membongkar monolit tersebut dan membawanya pergi dari gurun. Teman Bernard, Michael James Newlands, sempat mengambil foto keempat pria tersebut saat membongkar monolit.

"Empat orang mengelilinginya dan berjalan ke depan. Mereka mendorong monolit beberapa kali dan salah satu dari mereka berkata, 'Semoga kalian sudah mendapatkan fotonya,'" tulis Bernard dalam caption di postingan Instagram, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (2/12/2020).

"Ia kemudian mendorongnya dengan kuat, dan itu langsung bergerak, miring ke salah satu sisi. Ia kemudian berteriak ke teman-teman lainnya bahwa mereka tidak membutuhkan alat-alat," sambungnya.

Bernard mengatakan keempat orang tersebut melihat monolit tersebut sebagai sampah dan sesuatu yang harus dibersihkan tanpa sisa. Setelah dibongkar, sisa monolit tersebut dibawa menggunakan gerobak tangan.

[Gambas:Instagram]

Keempat orang tersebut hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk membongkar monolit. Dari foto yang dibagikan Bernard, terlihat bagian dalam monolit tersebut kosong dan interiornya terbuat dari kayu tripleks.

Tidak diketahui apakah orang-orang yang membongkar monolit tersebut merupakan orang yang sama yang memasangnya di tengah gurun. Kemungkinan lainnya mereka adalah orang-orang yang tidak senang melihat tugu logam tersebut mengganggu keindahan alam sekitarnya.

Monolit ini pertama kali ditemukan oleh pilot helikopter Utah Department of Public Safety saat sedang menghitung populasi domba bighorn dari udara. Tidak lama setelah ditemukan, netizen yang jeli langsung menemukan lokasi monolit tersebut menggunakan Google Earth.

Banyak teori tentang asal-usul monolit ini yang bermunculan di internet, mulai dari karya seni, properti film atau serial televisi, hingga ulah alien. Tapi tidak lama setelah ditemukan, monolit itu tiba-tiba menghilang. Misterinya kini terjawab, bahwa tugu logam misterius ini buatan manusia dan sudah dicopot dari tempatnya.



Simak Video "Tiang Logam Misterius Ditemukan di Gurun Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)