Tugu Logam Misterius di Gurun Tiba-tiba Menghilang

Tugu Logam Misterius di Gurun Tiba-tiba Menghilang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 30 Nov 2020 09:50 WIB
This Nov. 18, 2020 photo provided by the Utah Department of Public Safety shows a Utah state worker inspecting a metal monolith that was found installed in the ground in a remote area of red rock in Utah. The smooth, tall structure was found during a helicopter survey of bighorn sheep in southeastern Utah, officials said Monday. State workers from the Utah Department of Public Safety and Division of Wildlife Resources spotted the gleaming object from the air and landed nearby to check it out. The exact location is so remote that officials are not revealing it publicly, worried that people might get lost or stranded trying to find it and need to be rescued. (Utah Department of Public Safety via AP)
Tugu Logam Misterius di Gurun Tiba-tiba Menghilang Foto: AP/
Jakarta -

Penemuan monolit atau tugu logam di gurun di negara bagian Utah, Amerika Serikat pada pekan lalu sempat mengejutkan dunia. Kini monolit tersebut dikabarkan tiba-tiba menghilang.

Ryan Bacher, seorang pilot helikopter asal Utah yang mengunjungi lokasi monolit tersebut pada hari Jumat siang mengatakan kepada stasiun televisi lokal KSL bahwa ketika temannya mengunjungi lokasi tersebut keesokan harinya, tugu tersebut telah hilang.

"24 jam kemudian, teman dekat saya, yang juga pilot helikopter, menerbangkan keluarganya untuk melihatnya dan menemukannya sudah tidak ada," kata Bacher, seperti dikutip detikINET dari BBC, Senin (30/11/2020).

Hilangnya monolit ini juga diumumkan oleh Bureau of Land Management (BLM) Utah lewat postingan di Facebook yang mengatakan bahwa mereka bukan pihak yang memindahkan tugu tersebut karena termasuk properti pribadi.

"Kami tidak menginvestigasi kejahatan yang melibatkan properti pribadi yang ditangani oleh kantor kepolisian lokal," kata BLM Utah.

Beberapa postingan di media sosial yang diunggah oleh orang-orang yang berhasil mendatangi monolit tersebut hanya memperlihatkan tumpukan batu dan sebagian kecil logam berbentuk segitiga.

[Gambas:Instagram]






Monolit ini pertama kali ditemukan pada 18 November oleh kru helikopter yang sedang menghitung domba big horn dari udara. Monolit tersebut memiliki tinggi 3,7 meter dan terbuat dari material logam yang mengkilap.

Penemuan ini langsung menghebohkan internet yang mengeluarkan berbagai teori tentang asal-usul monolit ini. Ada yang mengatakan ini adalah karya seni yang ditinggalkan, ada juga yang menganggap ini adalah peninggalan alien.

Beberapa hari setelah monolit ini ditemukan, netizen mencoba mencari lokasinya menggunakan Google Earth. Rupanya monolit ini berada di area Taman Nasional Canyonlands dan Dead Horse Point, dan diperkirakan telah ada di area tersebut antara Agustus 2015 dan Oktober 2016.

Kawasan tersebut ternyata sering digunakan sebagai lokasi syuting film dan serial televisi, termasuk serial Westworld yang mulai syuting pada tahun 2016. Jadi ada kemungkinan monolit ini adalah properti yang lupa dibawa pulang.

Setelah lokasinya ditemukan, banyak orang yang mencoba mendatangi monolit tersebut secara langsung. Padahal otoritas Utah sudah mengimbau orang-orang untuk tidak mengunjunginya agar tidak tersesat dan harus diselamatkan.



Simak Video "Tiang Logam Misterius Ditemukan di Gurun Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)