Misteri Tugu Logam Aneh di Tengah Gurun Mulai Terkuak

Misteri Tugu Logam Aneh di Tengah Gurun Mulai Terkuak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 06:32 WIB
monolit
Misteri di Balik Monolit Aneh di Gurun Mulai Terkuak Foto: Departemen Keamanan Publik Utah
Jakarta -

Beberapa hari yang lalu, jagad internet dikejutkan dengan temuan tugu monolit logam misterius di tengah gurun di negara bagian Utah, Amerika Serikat. Berkat netizen yang lihai, misteri di balik objek misterius yang sempat dikaitkan dengan alien itu mulai terungkap.

Dari hasil observasi beberapa pengguna Reddit, sepertinya kecil kemungkinan objek ini berasal dari luar angkasa. Mereka awalnya melacak jalur penerbangan dua helikopter milik Utah Public Safety yang menemukan monolit tersebut menggunakan informasi dari FlightAware.

Dari sana, beberapa pengguna Reddit lainnya memperkirakan lokasi monolit tersebut berada di dekat Taman Nasional Canyonlands dan persimpangannya dengan Sungai Colorado, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Jumat (27/11/2020).

Setelah itu pengguna Reddit berhasil menemukan lokasi monolit tersebut di Google Earth. Koordinat monolit tersebut adalah 38.343080°, -109.666190°, yang jika dimasukkan ke Google Earth menampilkan lokasi di antara Taman Nasional Dead Horse Point dan tempat wisata Needles Point.

Lokasi monolit misterius di Google EarthLokasi monolit misterius di Google Earth Foto: Screenshot/detikINET

Dari data imaging Google Earth, monolit ini diketahui sudah berada di area tersebut antara Agustus 2015 dan Oktober 2016.

Rupanya, Taman Nasional Canyonlands dan Dead Horse Point sering digunakan sebagai lokasi syuting film dan serial televisi sejak puluhan tahun yang lalu.

Pada tahun 2016 misalnya, serial fiksi ilmiah Westworld mulai syuting di Taman Nasional Dead Horse Point. Jadi mungkin saja monolit logam ini merupakan properti yang lupa dibawa pulang atau salah satu kru Westworld menanamnya di tanah sebagai prank.

Kawasan ini juga dipakai menjadi lokasi syuting film koboi Western dan film populer seperti Thelma & Louise, Con Air, Mission Impossible: 2, Indiana Jones and the Last Crusade, dan yang terbaru adalah 127 Hours.

Meski lokasi kasarnya mulai terungkap, Utah Public Safety tidak memberikan lokasi pastinya dan mengimbau orang-orang untuk tidak mengunjunginya agar tidak tersesat dan harus diselamatkan.

Bagaimana menurut kalian detikers, apakah monolit ini hanya properti dari film dan serial TV atau masih yakin ini adalah ulah alien?



Simak Video "Tiang Logam Misterius Ditemukan di Gurun Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)