4 Kemajuan Sains yang Bisa Disyukuri di 2020

4 Kemajuan Sains yang Bisa Disyukuri di 2020

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 01 Des 2020 08:40 WIB
Sparkler Happy New Year 2020 With Fireworks
Kejadian baik yang patut disyukuri tahun 2020. Foto: iStock
Jakarta -

Bioskop ditutup, sekolah dialihkan ke online, bercengkrama dengan orang terdekat pun harus menerapkan social distancing. Thanks to COVID-19.

Meski pandemi COVID-19 memang menghancurkan banyak hal dari segi ekonomi, kesehatan, sampai psikologis, setidaknya ada beberapa hal positif dari segi sains yang bisa kamu syukuri tahun ini. Tahun ini tidak melulu soal corona, kok. Dilansir Popular Science berikut ini di antaranya:

1. Pembasmian kanker serviks mulai ada titik terang

Amerika Serikat sedang berada di jalur untuk menghentikan kanker serviks dalam dua hingga tiga dekade, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Februari. Kanker serviks paling sering disebabkan oleh human papillomavirus, sejenis infeksi menular seksual, dan vaksin yang mencegah banyak jenis HPV telah tersedia sejak 2006.

Dengan peningkatan tingkat vaksinasi di antara anak-anak dan skrining yang lebih baik untuk menangkap sel abnormal prakanker, peneliti mengatakan, kita mungkin bisa memberantas penyakit ini secara menyeluruh pada tahun 2038.

2. Bye-bye operasi usus buntu

Dulu ketika dinyatakan apendisitis hampir selalu berujung pada pengangkatan usus buntu. Namun, dalam dekade terakhir, serentetan penelitian baru telah menunjukkan bahwa mengobati organ yang terinfeksi dengan antibiotik bisa mengatasi masalah ini. Pada bulan Juli, para peneliti menerbitkan sebuah studi baru yang menunjukkan bahwa kini pilihan untuk menggunakan antibiotik daripada pembedahan semakin besar.

3. Air seni bisa jadi pupuk yang baik

Air kencing manusia tidak hanya mengandung nitrogen esensial, tetapi juga fosfor dan kalium yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Para peneliti di Rich Earth Institute di Vermont kini telah menemukan cara untuk memusatkan urine dalam membuat pelet padat nutrisi yang dapat ditaburkan petani di atas tanaman mereka.

4. Vaksin corona dalam proses!

Memang menyedihkan melihat jumlah kasus yang meningkat, tetapi beberapa perusahaan membuat kemajuan yang luar biasa dalam membuat vaksin corona. Berbagai negara sudah melakukan uji coba untuk menentukan membagikan dosis, dan jika semua berjalan lancar, suntikan vaksin bisa tersedia pada akhir tahun.

Vaksin ini tidak akan memungkinkan kita untuk secara ajaib kembali ke kehidupan normal dengan segera, tetapi perkembangannya menandai titik balik penting dalam perjuangan kita melawan COVID-19.



Simak Video "Gagal Atasi Pandemi, Presiden Paraguay Reshuffle Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)