5 Fakta Lubang Hitam Supermasif yang Dekat dengan Bumi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 28 Nov 2020 16:01 WIB
Lubang hitam Sagittarius A*
5 Fakta Lubang Hitam Supermasif yang Dekat dengan Bumi Foto: X-ray: NASA/UMass/D.Wang et al., IR: NASA/STScI

Penelitian terbaru menemukan bahwa jarak Bumi dengan lubang hitam supermasif bernama Sagittarius A* ternyata lebih dekat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Tapi detikers, tidak perlu khawatir, karena ini bukan berarti Bumi akan segera ditelan oleh lubang hitam tersebut. Temuan ini merupakan hasil pemodelan galaksi Bima Sakti yang lebih akurat dan mengoreksi data yang terdahulu.

Lubang hitam bernama Sagittarius A* memiliki banyak fakta menarik yang tidak semuanya mengerikan. Berikut fakta-fakta seputar lubang hitam supermasif Sagittarius S* yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

Pusat Galaksi Bima Sakti

Sagittarius A* adalah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti. Lokasinya berada di antara konstelasi Sagittarius dan Scorpius.

Setelah meneliti 28 bintang yang mengorbit di pusat galaksi selama 16 tahun, ilmuwan di European Southern Observatory di Chile menemukan bukti terkuat kehadiran lubang hitam supermasif di inti galaksi.

Lewat hasil observasi ini, astronom menyimpulkan bahwa Sagittarius A* berjarak 27.000 tahun cahaya dari Bumi. Tapi, temuan ini dibantah beberapa tahun kemudian.

Sulit ditangkap kamera

Lubang hitam bukan sesuatu yang mudah ditangkap kamera karena tidak bisa memantulkan cahaya, jadi sangat tersembunyi di tengah gelapnya luar angkasa.

Tidak hanya itu, ukuran lubang hitam tergolong kecil sebagai objek luar angkasa. Ambil contoh Sagittarius A*, meski massanya 4 juta kali lebih besar daripada matahari, diameter lubang hitam ini hanya sekitar 23,6 juta km, setengah dari jarak antara Merkurius dan matahari.

Tapi ilmuwan yang tergabung dalam proyek Event Horizon Telescope yakin mereka akan bisa menangkap wujud Sagittarius A* dalam kamera. Teleskop yang sama juga merupakan instrumen yang digunakan untuk mengambil foto lubang hitam supermasif pertama.

>>>>> Halaman berikutnya fakta aneh lubang hitam Sagittarius A* dan jarak dengan Bumi