Video Bumi Bulat Astronaut Ini Diragukan Penganut Flat Earth

Video Bumi Bulat Astronaut Ini Diragukan Penganut Flat Earth

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 28 Nov 2020 06:38 WIB
Bumi bulat
Video Bumi bulat astronaut ini diragukan penganut Flat Earth. Foto: istimewa
Jakarta -

Astronaut NASA ini baru pertama kali ke luar angkasa, ke International Space Station (ISS). Dia membagikan video pertamanya yang menyajikan pemandangan Bumi dari jendela pesawat antariksa dan sangat takjub karenanya walau ada tanggapan miring dari kaum Bumi datar atau flat earth.

Sang astronaut bernama Victor Glover Jr, adalah salah satu dari 3 astronaut NASA yang baru saja meluncur ke ISS menggunakan kapsul Dragon buatan SpaceX. Ia memajang video pemandangan Bumi itu di Twitter, di mana planet ini terlihat bulat dengan awan berarak-arak.

"Video pertamaku dari antariksa. Melihat Bumi melalui jendela Dragon Resillience. Skala detailnya membuat pemandangan ini merupakan perspektif yang luar biasa," tulisnya dalam caption.

Sudah dua ribu like dilayangkan dan banyak komentar netizen datang, termasuk kaum Bumi datar yang tetap tidak percaya. "Bisakah kamu memperlihatkan pemandangan dari jendela lain yang tidak menghadap Bumi? Mari kita lihat apakah ada bintang kalau tidak, aku mengatakan ini omong kosong," tulis sebuah komentar.

"Terlihat datar kalau menurutku," tulis penganut flat earth yang lain. "Aku tidak tahu apakah benar Bumi itu datar, tapi kita kan belum pernah ke antariksa, menurutku video ini palsu," sebut yang lain.

Akan tetapi jauh lebih banyak yang mengagumi pemandangan ini dan tak meragukan bahwa Bumi itu bulat karena bukti ilmiah menyebutkan demikian. "Sungguh mengagumkan. Membuat saya bahagia bahwa Anda akhirnya berada di angkasa melihat keindahan ini," sebut seorang warganet.

"Dunia ini tidak datar. Sampai kapan orang mau percaya? By the way, jaga keselamatan di atas sana," cetus yang lain.

Glover terbang bersama astronaut NASA Michael Hopkins, Shannon Walker dan Soichi Noguchi, astronaut asal Jepang, untuk bergabung dengan tiga astronaut lain yang sudah ada di ISS. Glover sendiri adalah orang Afrika Amerika pertama yang berada di ISS.

"Ketika kami berada di orbit, rasanya seperti mimpi. Aku telah melihat banyak gambar, tetapi ketika pertama kali melihat Bumi dari sini, aku tak bisa berkata-kata. Mengagumkan, perasaan yang hanya sekali seumur hidup," kata dia, dikutip detikINET dari 9News.



Simak Video "Gempa M 8,2 Guncang Alaska, Berpotensi Tsunami!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)