12 Fakta Unik Lobster: Kanibal dan Poliandri

12 Fakta Unik Lobster: Kanibal dan Poliandri

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 26 Nov 2020 12:46 WIB
lobster air tawar
12 Fakta Unik Lobster: Kanibal dan Poliandri (Foto: soranews)
Jakarta -

Lobster jadi buah bibir gara-gara Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK. Hewan bercapit ini memang istimewa, termasuk di mata para ilmuwan.

Jenis-jenis lobster sampai cara ternak lobster dipelajari seiring sejalan antara para peneliti, nelayan dan peternak di seluruh dunia. Dilihat dari Time, Kamis (26/11/2020) dari rangkaian penelitian itu, ilmuwan menemukan sejumlah temuan menarik.

12 Fakta ilmiah lobster yang mengejutkan:

1. Lobster tidak berhenti tumbuh

Direktur Eksekutif The Lobster Institute, University of Maine yang bernama Robert C Bayer, mengatakan lobster tumbuh seumur hidupnya. Tim ilmuwan pernah menangkap lobster 14 kg! Itu pun karena capitnya terjepit di perangkap, sementara perangkapnya tidak bisa memuat tubuhnya.

2. Jenis-jenis lobster

Lobster adalah hewan dari famili Nephropidae yang bercapit dan Palinuridae yang tidak bercapit. Jenis-jenis lobster dari dua famili ini ada banyak dan sebagian besar dikonsumsi.

Dari famili Nephropidae, yang favorit adalah Homarus sp (lobster Amerika). Sedangkan di Asia termasuk Indonesia, yang favorit adalah Panulirus sp. dengan 60 varian spesies.

3. Lobster adalah kanibal

Bayer mengatakan tantangan dari budidaya lobster adalah hewan ini bersifat kanibal. Akibatnya cara ternak lobster membutuhkan biaya tidak sedikit.

"Lobster secara alami mencari makanan segar di sekitarnya. Kalau itu lobster lain, ya mereka makan juga," kata dia.

4. Cara kawin yang unik, betina punya inisiatif

Berbeda dengan hewan pada umumnya dalam urusan kawin, pada lobster betinalah yang membuat inisiatif dari pada jantannya. Betina mengeluarkan feromon ketika melepas cangkangnya.

Lobster tanpa cangkang rawan dimakan lobster lain. Namun ketika ada feromon, pejantan akan memilih mengawininya, bukan memakannya. 6-9 Bulan, telur-telur akan muncul di ekor betina. Lalu 6-9 bulan kemudian telur itu menetas.

5. Lobster betina menganut poliandri

Fakta unik lainnya adalah, lobster betina bisa kawin dengan banyak pejantan dan menghasilkan telur sebanyak mungkin. Kesetiaan, apa itu? Lobster betina dengan berat 700 gram, bisa menghasilkan 8.000-12.000 telur.

Halaman selanjutnya: kekuatan capit lobster...



Simak Video "Soal Lobster, Susi Pudjiastuti: Tangkap Emaknya, Jangan Bibitnya"
[Gambas:Video 20detik]