Baterai HP Bisa Diisi Ulang dengan Gowes Sepeda

Serba-serbi Baterai HP

Baterai HP Bisa Diisi Ulang dengan Gowes Sepeda

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 21 Nov 2020 16:13 WIB
baterai hp
Foto: Istimewa/Screenshot detikINET
Jakarta -

Teknologi baterai HP terus dikembangkan. Sejak tahun 2000-an berbagai metode mengisi ulang baterai berupaya ditemukan, salah satunya dengan menggowes sepeda. Kok bisa?

Pada 2009, masyarakat di pedalaman Kenya yang daerahnya tidak tercover listrik, sangat kesulitan setiap kali mereka perlu mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Pertama, mereka harus menempuh perjalanan sangat jauh menuju toko. Setelah itu, mereka dikenakan biaya untuk mengisi ulang baterai yang biasanya tenaganya didapat dari baterai mobil dan panel tenaga surya.

Untungnya, ada sosok penyelamat yang memutar otak untuk membebaskan warganya dari kondisi ini. Jeremiah Murimi dan Pascal Katana yang saat itu masih berstatus sebagai pelajar di Kenya, menemukan cara unik untuk mengisi ulang baterai HP.

Yang diperlukan adalah sebuah teknologi bernama sepeda 'smart charger', yakni sepeda yang diciptakan untuk mengisi ulang baterai dengan cara mengayuhnya.

baterai hpDinamo pada sepeda dimanfaatkan untuk mengisi ulang baterai HP. Foto: Istimewa/Screenshot detikinet

Dikutip dari BBC, untuk membuat alat ini bekerja, dua pelajar tersebut mengoperasikan charger pintar ini dengan cara mencolokkannya ke dinamo yang biasanya ada di roda belakang sepeda milik warga Kenya. Warga Kenya biasanya menjual sepeda lengkap dengan dinamo yang digunakan untuk menghidupkan lampu depan.

Setelah dicolokkan, penggunanya tinggal mengayuh sepeda untuk mengalirkan tenaga dinamo tersebut. Katana menjelaskan, butuh satu jam mengayuh sepeda untuk membuat baterai ponselnya terisi penuh. Alat seperti ini memang bukan yang pertama kalinya diciptakan, namun di Kenya pada 2009 saat itu adalah yang pertama kalinya.

"Mengisi ulang baterai ponsel di daerah kami sangatlah mahal dan perlu usaha ekstra. Dengan charger baru ini saya berharap isi ulang baterai ponsel menjadi lebih ekonomis dan mudah," kata Katana saat itu.

Mereka mengaku memanfaatkan barang-barang tak terpakai untuk menciptakan alat ini. Temuan dua pelajar tersebut disambut baik, terbukti dengan banyaknya permintaan untuk memproduksi alat ini langsung datang dari sejumlah pihak, termasuk dari organisasi non-pemerintah.

Oke banget ya. Kalau begini caranya, nge-charge baterai HP bisa dapat bonus sehat karena sekalian olahraga. Kalian mau coba?

[Gambas:Youtube]

(rns/fay)