Tips Memilih Charger HP di Mobil yang Aman

Tips Memilih Charger HP di Mobil yang Aman

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 28 Okt 2020 16:35 WIB
Hippo Spear
Ilustrasi charger HP di mobil (Foto: Dok. Hippo)
Jakarta -

Charger HP di mobil atau USB car charger mungkin menjadi salah satu perangkat penting untuk pengguna HP, terlebih lagi untuk pengguna yang menghabiskan berjam-jam di mobil setiap harinya.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli car charger. Selain untuk menjaga keamanan HP, juga meningkatkan kenyamanan saat mengisi ulang baterai perangkat, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Berikut ini adalah tips terbaik memilih charger HP di mobil:

Memiliki Output Tinggi

Banyak yang tidak memperhatikan hal ini, tetapi ternyata cukup krusial, lho. Ketika kamu ingin membeli charger mobil, sempatkan melihat tabel spesifikasi yang terdapat pada bodi charger. Charger mobil yang berkualitas bagus setidaknya menyediakan 2,1 ampere (atau 2.100 mA) per port USB.

Untuk amannya, kamu bisa mencari charger mobil yang memiliki rentang 2.100-2.400 mA. Jika kamu berniat membeli charger mobil dengan dua USB port, tinggal dikalikan dua saja.

Pada umumnya HP membutuhkan setidaknya 1.000 mA untuk bisa diisi ulang dengan kecepatan optimal. Jika kamu ingin mengisi ulang tablet, biasanya ampere yang dibutuhkan lebih besar.

Selain output, perhatikan juga protokol yang didukungnya. Misalnya Quick Charge, Power Delivery, dan lain sebagainya. Protokol semacam ini membuat pengisian baterai -- untuk HP yang mendukung -- menjadi lebih cepat.

Contohnya adalah Hippo Spear, yang menawarkan car charger dengan protokol QC 3.0 dan Smart Detect Charging yang akan membuat pengisian daya menjadi lebih efisien.

Port Lebih dari Satu

Di pasaran, kamu akan menemukan beragam jenis charger mobil. Ada yang menyediakan satu port USB, ada juga yang menyediakan dua bahkan lebih. Jadi sebaiknya berapa port yang dibeli?

Itu tentunya sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya pengguna punya banyak perangkat yang perlu diisi ulang, maka sebaiknya membeli charger yang punya port dua atau lebih, seperti yang ditawarkan oleh Sniper, yang juga menawarkan fitur fast charging.

Namun, ingat, semakin banyak port USB, semakin besar juga ampere output yang dibutuhkan, alias akan terbagi antara satu port dengan port lainnya. Jadi pastikan lagi berapa ampere output yang bisa dihasilkan.

Fitur Tambahan Lainnya

Selain fitur-fitur penting di atas, ada hal-hal kecil yang mungkin bisa menjadi pertimbanganmu. Salah satunya, ukuran car charger. Lokasi lubang lighter menentukan charger mobil seperti apa yang harus kamu beli.

Jika lubang lighter dekat dengan setir dan leg room di kabin mobil tidak terlalu lega, pertimbangkan untuk membeli charger mobil berukuran kompak, agar kakimu tetap bisa bergerak bebas.



Simak Video "Tak Hanya iPhone 12, iPhone Sebelumnya Kini Dijual Tanpa Charger"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)