Netizen Protes Harga Mahal iPhone 12 ke CEO Apple

Netizen Protes Harga Mahal iPhone 12 ke CEO Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 20:11 WIB
Tim Cook
CEO Apple, Tim Cook. Foto: Reuters
Jakarta -

Tim Cook, CEO Apple, baru saja mencuit tentang penjualan perdana iPhone 12, sekaligus pembeli pertamanya yang salah satunya perempuan asal Indonesia. Dalam komentar balasan, banyak yang memuji iPhone 12, namun tak sedikit pula yang memprotesnya, misalnya soal harga.

"Sebuah era baru bagi iPhone. Tim telah mencurahkan hati dan jiwanya pada produk tersebut dan kami senang membagikannya pada dunia. Kami harap Anda senang dengan iPhone 12 dan iPhone 12 Pro seperti kami," tulis Cook.

Cuitan itu telah meraup 27 ribu lebih like sekaligus banyak komentar balasan. "Saya cinta dengan iPhone 12 Pro saya. Desain flatnya merupakan sesuatu yang klasik. Fotografi malamnya cemerlang dan cepat," tulis salah seorang pemilik iPhone 12 yang baru membelinya.

Tapi ada juga yang mengingatkan soal eksploitasi anak untuk menambang material di komponen iPhone. "Ribuan telah tewas dalam kerja paksa untuk memberi padamu material mentah yang dibutuhkan untuk produk itu," tulis seorang netizen yang mendapat cukup banyak like.

Nah, banyak pula muncul keluhan soal harga iPhone 12 yang dianggap kurang bersahabat bagi orang pada umumnya. Terlebih Apple telah menghilangkan aksesoris charger dan earphone dari kemasan.

"Kenapa Anda tidak memberikan diskon pada iPhone baru padahal menghilangkan earphone dan charger? Mahal banget harganya, man," cetus akun @Netzgeist1.

"Kenapa iPhone jadi semakin mewah yang hanya bisa dibeli orang kaya? Saya terjebak pakai iPhone 6S Plus selama 5 tahun karena harga tinggi model baru dan itu menghancurkan hati saya. Saya merasa iri tak dapat membelinya," tulis @LaraichiHamza.

"Apa Anda tahu berapa harga iPhone 12 di India? Tidak ada orang kelas menengah yang bisa membelinya, hanya orang kaya dan selebritis bisa menjangkau iPhone. Sebagai fans Apple, sakit rasanya melihat harganya," tulis seorang fanboy Apple di India.

Walau cukup mahal, iPhone 12 sepertinya laris manis. Secara global dalam minggu pertama penjualan, diestimasi terdapat 7 sampai 9 juta unit pesanan iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)