Review Samsung Galaxy M51, Susah Ngabisin Baterainya

Review Samsung Galaxy M51, Susah Ngabisin Baterainya

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 20 Nov 2020 09:01 WIB
Galaxy M51
Galaxy M51. Foto: dok. Samsung
Jakarta -

Setelah merilis perangkat premium flagshipnya, Samsung menyodorkan handphone (HP) yang sangat menarik. Perangkat yang dimaksud adalah Galaxy M51.

HP ini membawa baterai 7.000 mAh, spesifikasi lainnya pun tidak kaleng-kaleng. Dan semua itu bisa ditebus dengan harga yang tidak membuat kantong bolong.

detikINET sudah menggunakan Galaxy M51 ini dalam beberapa pekan. Banyak hal yang mengagetkan ketika menggunakannya, mau tau apa saja?

Berikut review singkat Galaxy M51:


Desain

Saat mendengar kalau baterai Galaxy M51 berkapasitas 7.000 mAh, sudah membayangkan sebuah HP berukuran tebal dan berat. Tapi ketika melihat dan menggenggamnya secara langsung malah tidak percaya.

Dimensinya seperti kebanyakan ponsel pada umumnya. Memang agak sedikit tebal, yakni 9,5 mm. Namun tidak begitu gemuk mengingat daya tampung begitu besar dan terasa ringkas di tangan.

Galaxy M51Galaxy M51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sedikit perbandingan Galaxy M31s yang membawa baterai 6.000 mAh, hanya selisih 0,2 mm. Atau Galaxy A31 membawa baterai 5.000 mAh punya bodi dengan ketebalan 86 mm.

Bobotnya HP ini 213 gram, ketika digenggam tidak begitu berat di tangan. Bahkan tetap nyaman dipegang dengan satu tangan dalam durasi yang lama.

Secara tampilan, Galaxy M51 ini masih mengadopsi desain khas ponsel Samsung. Di bagian atas layarnya terdapat punch hole yang dinamakan Infinity O Display.

Galaxy M51Galaxy M51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Body belakangnya mengusung material glasstic dan rangka plastik dengan finishing mengkilap. Tidak terasa licin saat digenggam, hanya saja mudah meninggalkan noda sidik jari.

Agar lebih nyaman memang baiknya memasang casing yang harus kamu beli sendiri. Sebab dalam paket penjualannya Samsung tidak memberikan bonus case silicon transparan.

Samsung menempatkan semua tombol di sisi kanan. Ada pengaturan volume dan tombol power yang menyatu dengan sensor sidik jari. Sensor sidik jari sendiri gampang dijangkau dan cepat dalam memindai.

Galaxy M51Galaxy M51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bagian kiri terdapat slot dual nano SIM card dan microSD yang mendukung hingga 512 GB. Sementara di bagian bawahnya terdapat jack audio 3,5 mm, USB Type C, speaker dan mikrofon.

Sedikit mengingatkan, ponsel ini tidak tahan air. Jadi jangan diajak hujan-hujanan bak film romantis drama Korea ya.

Layar

Galaxy M51 hadir dengan layar Super AMOLED Plus 6,7 inci dengan resolusi 1080 × 2400 pixel, kerapatan 392 ppi, dan aspek rasio 20:9. Layar terlihat cerah dan punya reproduksi warna yang baik.

Karenanya asik untuk menonton YouTube, Netflix maupun Disney+ Hotstar. Ketika digunakan di bawah sinar matahari, keterbacaannya sangat baik.

Galaxy M51Galaxy M51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lantaran mengusung panel AMOLED Plus, konsumsi dayanya konon lebih hemat. Mungkin akan ada yang mengeluhkan soal refresh rate yang masih 60Hz, tapi HP ini memang tidak menjual layar melainkan baterainya yang besar.

Mirip dengan ponsel Samsung lainnya, ada filter cahaya biru yang dikatakan dapat mengurangi ketegangan mata. Pengguna dapat mengatur jadwal aktifnya. Tidak ketinggalan ada mode gelap untuk memberikan kenyamanan mata.

Selanjutnya: Kamera



Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy M51"
[Gambas:Video 20detik]