Review iPhone 12, Sempurna untuk Menggantikan iPhone 11

Review iPhone 12, Sempurna untuk Menggantikan iPhone 11

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 21 Nov 2020 12:02 WIB
iPhone 12
Review iPhone 12. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Oktober lalu saat Apple memperkenalkan iPhone 12, jujur saya tidak tergoda untuk menggantikan iPhone 11 yang sudah setahun ini dipakai.

Rasanya tidak perlulah upgrade hanya karena ingin nostalgia dengan desain iPhone 4 yang menjadi salah satu handphone (HP) favorit saya. Toh iPhone 11 yang saya gunakan performanya masih sangat lancar, dan sejauh ini belum ada masalah sama sekali.

Tapi semua itu berubah 180 derajat ketika menggenggam iPhone 12. Walau hanya sesaat menggunakannya, saya jatuh hati dengan ponsel ini.

Keinginan untuk mengganti pun seketika membuncah. Dan inilah yang menjadi alasannya:

Unboxing

Apple belum resmi menghadirkan iPhone 12 di Indonesia. Saya mendapatkan HP ini lewat EKACELULLER.

Mereka memasukan iPhone 12 secara legal ke Tanah Air. Artinya segala urusan pajak sudah dibayarkan. Sehingga IMEI perangkat dipastikan terdaftar dan HP pun dapat sinyal.

Lantaran pandemi, EKACELULLER memberikan kemudahan dalam pembelian. HP bisa dipesan lewat situs resminya atau bisa melalui Tokopedia. Jadi tidak perlu ke tokonya, cukup menunggu di rumah saja.

iPhone 12 vs iPhone 11Perbedaan kotak iPhone 12 vs iPhone 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ketika unit iPhone 12 sampai ke tangan, kotak kemasannya memang sangat berbeda dengan pendahulunya. Ukurannya hanya setengah dari kotak iPhone 11.

Apple memang menanggalkan charger dan earphone dengan alasan demi menjaga lingkungan. Banyak yang pro dan kontra akan hal itu.

Saya sendiri tidak masalah, karena sampai saat ini charger dan earphone dari iPhone 11 masih tersimpan dalam kotak kemasannya. Hanya menggunakan kabelnya saja, sementara kepala chargernya menggunakan IT Plug 65 GaN Charger 65W. Perangkat ini pula yang kemudian saya pakai untuk mengisi ulang iPhone 12.

iPhone 12Aksesori di dalam kotak iPhone 12 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Desain

Sejak 2014 hingga tahun lalu, Apple mengadopsi pinggiran melengkung pada HP-nya, terkecuali iPhone SE generasi pertama. Perangkat yang diluncurkan 2016 itu masih mengusung desain sama dengan iPhone 5.

Kini setelah sekian lama raksasa teknologi asal Cupertino ini kembali menerapkan tepian datar pada ponsel barunya namun diberikan sentuhan baru tentunya. Kombinasi tersebut membawa penyegaran pada tampilan iPhone.

Ketika digenggam terasa mantap di tangan, tidak mudah tergelincir dan benar-benar nyaman. Mungkin dimensi HP ini turut andil, sebab Apple membuatnya lebih langsing. iPhone 12 punya lebar 7,4 mm, sementara iPhone 11 8,3 mm.

iPhone 12iPhone 12 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Saya menyukai bobot iPhone 12. Kendati beratnya hanya selisih 30 gram dari pendahulunya, terasa begitu ringan di tangan.

Keluhan hanya pada cangkang belakangnya saja. Lantaran menggunakan lapisan kaca mudah meninggalkan noda jari. Apalagi unit yang saya gunakan berwarna biru gelap jadi begitu ketara.

Ada baiknya memang menggunakan casing biar sekalian melindungi bodinya kalau-kalau tidak sengaja terjatuh. Berdasarkan pengalaman tepian datar dengan tepian tajam lebih rentan penyok ketimbang melengkung.

Soal tombol dan port tidak ada yang berubah jumlah maupun posisinya. Apple mengatakan iPhone 12 mengantongi IP68 yang sudah ditingkatkan. Alhasil HP ini mampu bertahan di kedalaman hingga enam meter selama 30 menit.


Layar

Layar menjadi peningkatan signifikan yang diberikan Apple pada iPhone 12. Bagaimana tidak pendahulunya hanya menggunakan layar IPS LCD, sementara penerusnya pakai OLED. Jelas sekali perbedaannya, dijamin kamu malas menantap layar iPhone 11 lagi.

Berkat dukungan Dolby Vision HDR bikin reproduksi warna dan rasio kontrasnya sangat baik. Bersiaplah mata dimanjakan ketika menonton tayangan di Netflix, YouTube dan Apple TV+. Tapi harus diakui layar iPhone 12 belum bisa mengalahkan layar yang dipunyai Samsung Galaxy Note 20 Ultra ataupun Oppo Find X2 Pro.

iPhone 12 vs iPhone 11iPhone 12 vs iPhone 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Diagonal layar iPhone 12 masih 6,1 inch, namun resolusinya 2532 x 1170 piksel. Menyuguhkan gambar tajam dan jernih serta dapat dilihat di semua sudut. Bezelnya lebih tipis makin enak dipandang.

Apple melapisi layar dengan ceramic shield yang diklaim lebih kuat 4x dari kaca pelindung di pasaran saat ini. Tapi ingat detikers, apa pun kaca bisa pecah. Tidak ada salahnya tetap memasang tempered glass untuk lebih melindunginya.

Satu hal lagi yang membuat terkesan saat menikmati hiburan di iPhone 12 adalah speaker. Meski sama-sama mengusung stereo speaker, produksi suara jauh lebih lantang ketimbang iPhone 11. Benar-benar memanjakan indera pendengaran saya.

Selanjutnya: Kamera...