Orang Tanpa Gejala Bukan Cuma COVID-19, Flu Juga Sama

Orang Tanpa Gejala Bukan Cuma COVID-19, Flu Juga Sama

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 09 Nov 2020 22:35 WIB
Ilustrasi Sakit Flu
Ilustrasi sakit flu. Foto: shutterstock
Jakarta -

Dalam pandemi COVID-19, dikenal istilah OTG atau 'Orang Tanpa Gejala'. Bukan cuma di COVID-19, orang yang terkena flu juga bisa jadi OTG.

Untuk memahami bagaimana flu ditularkan sebelum gejala muncul, penting untuk mengetahui perbedaan antara penularan pra-gejala dan tanpa gejala.

Pada kasus influenza yang tidak bergejala, seseorang telah terinfeksi flu tetapi belum menunjukkan gejala. Secara umum, dibutuhkan sekitar dua hingga tiga hari setelah infeksi untuk gejala muncul, menurut Seema Lakdawala, asisten profesor di Universitas Pittsburgh yang meneliti virus influenza.

Dikutip detikINET dari Pop Sci, Senin (9/11/2020) selama waktu itu, orang yang terinfeksi mengeluarkan partikel virus setiap kali mereka mengembuskan napas, dan orang lain dapat tertular flu dari partikel tersebut.

"Ketika seseorang terinfeksi, perlu beberapa saat bagi mereka untuk mengembangkan gejala yang terkait dengan infeksi virus. Sebelum mereka demam atau batuk atau merasa lesu, virus telah mempengaruhi mereka dan mereka sudah mengeluarkan virus dalam jumlah besar," jelas Lakdwala.

Sebaliknya, orang tanpa gejala tidak akan pernah mengalami gejala. Namun, mereka masih akan mengembangkan antibodi yang akan membantu sistem kekebalan mereka untuk mencegah infeksi di kemudian hari. Para peneliti tidak sepenuhnya yakin apakah kasus flu tanpa gejala dapat menularkan virus.

"Kamu dapat membantah bahwa ada beberapa bukti yang mengatakan kamu tidak bisa menularkannya," ujar Lakdawala, tetapi menurutnya penelitian yang ada sangat beragam.

Satu yang pasti, individu tanpa gejala melepaskan partikel virus, hanya saja tidak jelas seberapa sering mereka menyebarkan cukup banyak virus untuk menginfeksi orang lain. Ini semakin diperumit dengan fakta bahwa gejala ringan, seperti bersin, mungkin tidak membuat kamu merasa sakit meskipun sebenarnya kamu sedang mengalami flu.

Lebih lanjut, kira-kira satu dari tiga kasus flu tidak menunjukkan gejala. Tetapi, penting untuk diingat bahwa jenis tertentu yang tidak membuat kamu sakit bisa jadi menjadi serius bagi mereka yang lanjut usia atau dengan sistem kekebalan yang lemah.

Jadi, bisa disimpulkan ada kemungkinan orang tanpa gejala untuk flu. Karenanya penting sekali untuk menjaga kebersihan dan mempertimbangkan penggunaan masker supaya tidak menyebarkan virus kepada orang terdekat begitu kamu jatuh sakit.



Simak Video "Tak Lagi Didominasi OTG, Wisma Atlet Lakukan Strategi Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)