Penampakan Cumi-cumi Tanduk yang Langka di Laut Dalam

Penampakan Cumi-cumi Tanduk yang Langka di Laut Dalam

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 03 Nov 2020 05:35 WIB
cumi-cumi langka
Ilmuwan Rekam Penampakan Cumi-cumi Langka di Laut Dalam Foto: Schmidt Ocean Institute
Jakarta -

Ilmuwan berhasil merekam penampakan cumi-cumi langka di habitat aslinya untuk pertama kalinya. Cumi-cumi tanduk domba jantan (ram's horn squid) ini hidup di bagian laut dalam bernama twilight zone yang masih jarang dijelajahi.

Keberadaan cumi-cumi aneh dengan nama latin Spirula spirula ini ditemukan menggunakan remotely operated vehicle (ROV) yang merupakan bagian dari ekspedisi yang dilakukan oleh Schmidt Ocean Institute. Video ini diambil di Great Barrier Reef di kedalaman sekitar 850-860 meter.

"Berita menggembirakan, Ini tampaknya observasi pertama Spirula, alias cumi-cumi tanduk domba jantan, hidup + di lingkungan alaminya," dikutip detikINET dari Mashable, Senin (2/11/2020).

"Sangat jarang dilihat atau ditangkap, mereka memiliki banyak saudara yang langka, tapi hanya satu-satunya anggota genus Spirula, famili Spirulidae dan ordo Spirulida yang masih hidup," sambungnya.

Ahli cephalopoda dari Smithsonian Institution Michael Vecchione mengatakan ia tidak pernah melihat di cumi-cumi aneh ini di habitat alaminya.

Dalam klip di bawah ini di detik ke-54, bisa dilihat bagaimana cumi-cumi tanduk domba jantan mendemonstrasikan kecepatannya yang mencengangkan saat tiba-tiba menghilang dari frame video.

Cumi-cumi aneh ini memiliki tubuh yang kecil, dengan panjang tubuh hanya sekitar 7 cm. Ia memiliki delapan lengan, dua tentakel dan sepasang mata yang mencuat.

Hewan ini mendapatkan nama tanduk domba jantan karena di bagian ekornya ada kerang berbentuk spiral yang mirip seperti tanduk domba. Kerang ini memiliki ruangan gas yang membantunya untuk mengatur daya apung.

Kerang tersebut sering terdampar di pantai, dan karena bentuknya yang unik banyak dijual secara online.

Laut dalam, terutama area twilight zone, merupakan tempat yang belum banyak diketahui dan belum banyak dijelajahi. Area ini menyimpan banyak hewan-hewan laut yang aneh karena hampir tidak pernah tersentuh cahaya matahari, salah satunya cumi-cumi raksasa dengan panjang 3,6 meter.



Simak Video "Gurih Empuk Sate Cumi-cumi di Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)