Bukan Telinga, Laba-laba Ini Dengarnya Pakai Kaki!

Bukan Telinga, Laba-laba Ini Dengarnya Pakai Kaki!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 07:06 WIB
laba-laba
Laba-laba ini 'mendengarkan' gerakan mangsa pakai kaki. Foto: Jay Stafstrom via Live Science
Jakarta -

Kita mendengar menggunakan telinga, laba-laba yang satu ini? Tidak punya gendang telinga dan membuatnya mendengarkan pakai kaki! Tentunya ini merupakan temuan yang sangat unik dan menarik untuk didalami.

Ialah Deinopis spinosa yang mengetahui mangsanya datang, dengan 'mendengarkan' kepakan sayap kecil menggunakan organ khusus di kaki mereka. Organ itu terletak di dekat ujung setiap kaki yang berisikan sel saraf yang mendeteksi perubahan kecil dalam tekanan yang disebabkan oleh gelombang suara yang berdesir di udara. Organ ini kemudian mengirimkan informasi ini ke otak.

"Ini sangat asing bagi kita karena kita tidak memiliki sistem sensorik seperti ini," kata penulis studi Jay Stafstrom, seorang peneliti postdoctoral yang mempelajari biologi sensorik di Cornell University.

Manusia, tentu saja, menggunakan gendang telinga untuk mendeteksi suara, tetapi laba-laba tidak memiliki gendang telinga, menjadikannya salah satu hewan yang unik yang pernah ada dengan kemampuan yang terbilang sangat luar biasa.

Dalam studi tersebut, tim peneliti menganalisis gerakan back-flip yang dilakukan oleh laba-laba dengan rangsangan frekuensi suara yang rendah. Ketika terpapar suara frekuensi rendah, antara 150 Hz dan 750 Hz, laba-laba meluncur ke belakang dan merentangkan jala mereka seolah-olah mereka hendak menangkap serangga yang merupakan mangsa mereka.

Suara frekuensi rendah ini meniru pola kepakan sayap berbagai serangga terbang, berdasarkan catatan para penulis. Kendati demikian, peneliti meyakini laba-laba tetap memanfaatkan indra penglihatan mereka untuk menangkap mangsa -- tidak bergantung pada 'telinga' di kaki mereka. Demikian dikutip detikINET dari Live Science.



Simak Video "Studi Covid-19 Berlangsung di China, WHO Minta Hasil Transparan "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)