Ilmuwan Peringatkan Bahaya Asteroid 'Dewa Kekacauan'

Ilmuwan Peringatkan Bahaya Asteroid 'Dewa Kekacauan'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 05:35 WIB
Asteroid yang terdeteksi mendekati bumi
Ilustrasi asteroid. Foto: NASA
Jakarta -

Asteroid jumbo berjuluk God of Chaos atau Dewa Kekacauan Apophis dari Mesir Kuno, dalam jalur mendekati Planet Bumi. Bahkan ilmuwan memberi peringatan bahwa batu angkasa itu bisa saja menabrak Bumi pada tahun 2068 dan menimbulkan bahaya jika benar terjadi.

Dikenal juga dengan sebutan 99942 Apophis, asteroid tersebut lebarnya sekitar 340 meter atau setara dengan tinggi menara Eiffel. Astronom yang melakukan pengamatan intensif pada benda itu menemukan kecepatannya bertambah terkait proses orbital yang disebut efek Yarkovsky.

"Observari baru yang kami dapat dari teleskop Subaru awal tahun ini cukup bagus untuk mengungkapkan adanya akselerasi Yarkovsky pada Apophis," kata Dave Tholen, astronomo dari University of Hawaii.

"Terlihat bahwa astreoid itu menjauh dari orbit gravitasional murni sekitar 170 meter per tahun, yang cukup untuk membuat skenario tabrakan di 2068 tetap ada," tambah dia seperti dikutip detikINET dari Popular Mechanic.

Aphopis ditemukan oleh Tholen dan timnya pada tahun 2004. Diestimasi pada tahun 2029 mendatang, asteroid tersebut bakal mendekati planet ini, namun untungnya tidak ada kemungkinan menabrak Bumi.

Pada 13 April 20209, Apophis cukup dekat sehingga berada di antara Bumi dan satelit telekomunikasi dan bahkan dapat pula dilihat dengan mata telanjang dari planet ini. Ilmuwan pun dapat mengamati wujud maupun materialnya nya dengan mendetail.

"Dekatnya Apophis pada tahun 2029 akan menjadi peluang luar biasa bagi sains. Kami tahu tidak akan ada tabrakan di 2029 itu," kata Tholen.

Kejadian itu bakal terulang pada tahun 2068 di mana sebelumnya, ilmuwan juga tidak melihat ada peluang menabrak Bumi. Akan tetapi dalam skenario terbaru yang dipresentasikan di ajang pertemuan American Astronomical Society, kemungkinan Apophis jatuh ke Bumi tidak dapat dikesampingkan.

Apophis sebelumnya telah dikategorikan sebagai Potentially Hazardous Asteroid (PHA) atau asteroid yang berpotensi berbahaya. Ada kemungkinan 1 banding 100 ribu ia menabrak Bumi.

Seandainya menuju Bumi, Apophis akan menabrak dengan kekuatan yang sama dengan 880 juta ton TNT atau 65 ribu kali lebih powerful dari bom atom di Hiroshima. Ia akan menyebabkan kawah besar sedalam 518 meter. Seandainya menghujam kota London, banyak orang di sana diperkirakan takkan selamat.

NASA pun sudah melakukan langkah antisipasi terhadap kemungkinan terburuk walau waktunya masih jauh di masa depan. Salah satunya adalah dengan mengubah arah asteroid itu sehingga menjauh dari Bumi.

"Salah satu teknik yang diusulkan untuk menangkis asteroid termasuk senjata fusi nuklir yang dipasang di antariksa untuk sedikit megubah jalur asteroid tanpa menghancurkannya," sebut juru bicara NASA.



Simak Video "Catat! Ada 2 Asteroid akan Mendekati Bumi Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/jsn)