Asteroid Langka Nilainya 10.000 Kuadrilion Dolar!

Asteroid Langka Nilainya 10.000 Kuadrilion Dolar!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2020 07:30 WIB
Asteroid 16 Psyche yang langka diduga bernilai USD 10.000 kuadrilion
Asteroid Langka Ini Nilainya USD 10.000 Kuadrilion! (Foto: Maxar/ASU/P. Rubin/NASA/JPL-Caltech)
Jakarta -

Astronom menemukan asteroid langka yang beredar di antara Mars dan Jupiter. Asteroid bernama 16 Psyche ini seluruhnya terbuat dari logam dan nilainya diperkirakan mencapai USD 10.000 kuadrilion!

Itu adalah 10.000 diikuti dengan 15 nol di belakangnya, terlalu panjang untuk dituliskan apalagi dikonversi ke rupiah. Angka tersebut jauh lebih besar dari keseluruhan ekonomi global pada tahun 2019.

Dikutip detikINET dari CBS, Jumat (30/10/2020) astronom mengamati asteroid 16 Psyche menggunakan teleskop luar angkasa Hubble dan hasil penelitiannya diterbitkan di Planetary Science Journal.

16 Psyche adalah salah satu objek antariksa dengan massa terbesar di tata surya dan saat ini mengorbit di antara Mars dan Jupiter, sekitar 230 juta km dari Bumi. Ukurannya cukup besar, dengan diameter 225 km.

Asteroid ini disebut langka karena bentuknya yang sangat padat dan terbuat dari logam yang kemungkinan sisa dari inti planet yang tidak pernah terbentuk. Sebagian besar asteroid di luar angkasa terbuat dari batu atau es.

"Kami pernah melihat meteorit yang sebagian besar terdiri dari logam, tapi Psyche bisa jadi unik karena asteroid itu mungkin seluruhnya terbuat dari besi dan nikel," kata penulis utama studi Dr. Tracy Becker dalam keterangannya.

"Bumi memiliki inti logam, mantel dan kerak. Bisa jadi Psyche sebagai protoplanet saat terbentuk dihantam oleh objek lain di tata surya dan kehilangan mantel dan keraknya," sambungnya.

Karena komposisinya yang unik, astronom tidak sabar untuk mempelajari Asteroid 16 Psyche secara lebih jauh. Salah satunya NASA yang akan mengirimkan wahana antariksa bernama Psyche ke asteroid ini pada tahun 2022 dan akan tiba pada tahun 2026.

Ini akan menjadi misi luar angkasa pertama yang mengunjungi objek antariksa yang seluruhnya terbuat dari logam. NASA akan mempelajari asteroid ini selama dua tahun untuk memahami sejarahnya.

"Apa yang membuat Psyche dan asteroid lainnya sangat menarik adalah mereka dianggap sebagai penyusun tata surya," kata Becker.

"Untuk memahami apa yang sebenarnya membentuk sebuah planet dan untuk melihat bagian dalam sebuah planet sangatlah menarik. Begitu kita sampai di Psyche, kita bisa mengetahui jika itu benar adanya, bahkan jika hasilnya tidak seperti yang kita harapkan," sambungnya.

Tapi, NASA tidak berniat untuk membawa pulang sampel asteroid 16 Psyche ke Bumi karena tidak memiliki teknologi untuk menggali logam bernilainya. Saat misi ini pertama kali diumumkan di tahun 2017, peneliti mengatakan mereka tidak akan mengambil keuntungan dari komposisi logam yang melimpah tersebut.

"Kami akan mempelajari tentang pembentukan planet, tapi kami tidak akan mencoba membawa pulang materialnya dan menggunakannya untuk industri," kata Project Scientist misi Psyche, Carol Polanskey saat itu.



Simak Video "Catat! Ada 2 Asteroid akan Mendekati Bumi Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)