Sambut Halloween, NASA Rilis Playlist Suara Seram dari Luar Angkasa

Sambut Halloween, NASA Rilis Playlist Suara Seram dari Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2020 16:14 WIB
Matahari Halloween
Sambut Halloween, NASA Rilis Playlist Suara Seram dari Luar Angkasa (Foto: NASA)
Jakarta -

Menyambut Halloween yang jatuh tiap tanggal 31 Oktober, NASA merilis playlist Soundcloud yang berisi suara-suara aneh dan mengerikan dari luar angkasa.

"Kalian pernah mendengar derit, retakan, dan derak alam semesta kita sebelumnya," tulis NASA dalam deskripsi playlist tersebut, seperti dikutip detikINET dari Futurism, Sabtu (31/10/2020).

"Menggunakan data dari wahana antariksa kami, ilmuwan kami mengumpulkan suara mengerikan baru dari kedalaman ruang angkasa tepat waktu untuk Halloween," sambungnya.

Playlist ini berisi suara -- atau bentuk data lainnya yang dikonversi menjadi suara -- yang direkam oleh sederet wahana antariksa dan instrumen, mulai dari Chandra X-ray Observatory sampai Lander InSight yang ada di Mars.

Instrumen yang dibawa oleh InSight memungkinkan kita untuk mendengar suara angin di Mars untuk pertama kalinya pada tahun 2018. Lander milik NASA tersebut menggunakan seismometer dan sensor tekanan udara untuk membuat rekaman tersebut.

Dengan menyesuaikan pitch-nya, NASA berhasil menghasilkan suara gemuruh angin yang bertiup di permukaan Planet Merah.

Selain itu, NASA juga memasukkan suara yang direkam oleh wahana antariksa Voyager 1 saat melintasi perbatasan medan magnet Jupiter yang sangat besar. Rekaman suara ini diberi nama 'bow shock'.

Ada juga suara dari awal terbentuknya alam semestar 13,8 miliar tahun yang lalu yang direkam oleh wahana antariksa Planck milik European Space Agency.

"Gelombang suara mengguncang bayi semesta ini, dipicu oleh fluktuasi kecil sekali, atau kuantum, yang terjadi beberapa saat setelah Big Bang yang menciptakan kosmos," tulis NASA.

Wahana anatariksa Juno milik NASA juga merekam suara aneh yang dikeluarkan oleh aurora di Jupiter. Dalam suara ini terdengar gelombang radio dan plasma di magnetosfer Jupiter yang direkam oleh instrumen Waves milik NASA.

Suara-suara aneh dan mengerikan ini bukan satu-satunya cara NASA merayakan Halloween di tahun 2020. Badan antariksa Amerika Serikat ini juga membuat poster ala film horor yang memperlihatkan seramnya luar angkasa dan merilis ulang foto Matahari dengan lidah api yang mirip Jack O Lantern.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)