Foto Seram Matahari Jadi Hantu 'Halloween'

Foto Seram Matahari Jadi Hantu 'Halloween'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 30 Okt 2020 16:53 WIB
Matahari Halloween
Matahari 'Halloween'. Foto: NASA
Jakarta -

Foto Matahari yang baru saja dibagikan oleh NASA terlihat menyeramkan. Area yang menyerupai lidah-lidah api tampak menyambar-nyambar di objek yang menerangi Tata Surya tersebut.

Bahkan jika diamati lagi dengan lebih seksama, wujud Matahari dalam foto ini mirip dengan lentera Jack O Lantern yang identik dengan perayaan Halloween. Memang NASA merilis jepretan tersebut dalam rangka hari Halloween yang dirayakan di Amerika Serikat dan beberapa negara lain.

"Kombinasi region aktif di Matahari terlihat seperti wajah Jack O Lantern pada saat dijepret di 8 Oktober 2014," demikian keterangan NASA mengenai foto ini di website mereka saat dilihat, Jumat (30/10/2020).

"Daerah yang aktif terlihat lebih bercahaya karena area-area tersebut memancarkan lebih banyak sinar dan energi, penanda medan magnet yang intens dan kompleks di atmosfer Matahari atau di corona," lanjut NASA.

Lebih lanjut, NASA menjelaskan bahwa gambar Matahari yang dihasilkan dari Solar Dynamics Observatory ini bukanlah hasil jepretan mentah dan langsung dipajang melainkan ada modifikasi terlebih dahulu dalam pewarnaan dan lainnya, hingga bentuknya mirip dengan Jack O Lantern.

Matahari memang menjadi salah satu objek paling penting di antariksa yang diamati NASA dan masih banyak misterinya yang belum tersibak. NASA telah meluncurkan wahana bernama Parker Solar Probe yang akan berada sedekat mungkin dengan Sang Surya.

Wahana itu beberapa waktu lalu telah menjepret Matahari dengan resolusi sangat tinggi. Ia akan terus melaju dengan perlindungan perisai khusus yang tahan panas sangat tinggi.

Selain Parker Solar Probe, wahana penjelajah bernama Solar Orbiter yang dikembangkan European Space Agency dan NASA juga saat ini sedang mengarungi angkasa dengan misi yang sama, yaitu mendekati Matahari.



Simak Video "Detik-detik Peluncuran Misi SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)