Apakah Benar Punuk Unta Isinya Air?

Apakah Benar Punuk Unta Isinya Air?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 05:49 WIB
Ilustrasi unta
Apakah punuk unta berisi air? Foto: (Thinkstock)
Jakarta -

Hayo, waktu kecil siapa yang tahunya bahwa punuk unta menyimpan cadangan air? Apakah faktanya benar seperti itu?

"Mereka menghadapi musim kemarau ketika makanan dan air langka," kata Rick Schwartz, seorang pengawas perawatan hewan dan juru bicara nasional di San Diego Zoo.

Ketika makanan tersedia, unta makan cukup kalori untuk membangun punuknya sehingga mereka dapat bertahan dalam waktu lama ketika makanan langka. Dengan punuk yang penuh, unta bisa bertahan hingga empat atau bahkan lima bulan tanpa makanan. Ketika unta menghabiskan lemaknya, punuknya yang kosong akan jatuh seperti balon yang mengempis sampai mereka makan cukup untuk mengembang' lagi.

Dengan kata lain, apa yang disimpan unta lebih tepatnya adalah cadangan lemak bukan air, dikutip dari Live Science, Selasa (27/10/2020) Fakta uniknya, anak unta tidak dilahirkan dengan timbunan lemak ini dan tidak tumbuh saat mereka menyusui.

"Semua energi yang mereka dapatkan dari ibu akan digunakan untuk pertumbuhan tubuh," jelas Schwartz. Unta mulai menyapih saat mereka berumur 4 sampai 6 bulan namun punuknya mulai terbentuk paling tidak sampai ia berumur 10 bulan atau bahkan satu tahun.

Diketahui, ada dua spesies unta. Unta Baktria (Camelus bactrianus) hidup di beberapa bagian Tiongkok Barat dan Asia Tengah, dan mereka memiliki dua punuk. Unta Arab (Camelus dromedarius) lebih umum dan hanya memiliki satu. Namun sejauh yang disadari Schwartz, gundukan ekstra tersebut tidak menjadikan unta Baktria bisa tahan lebih lama tanpa makanan.

Karena punuk unta menyimpan makanan, mereka membutuhkan cara lain untuk mengatasi kelangkaan air. Misalnya, unta dapat minum hingga 30 galon (114 liter) air sekaligus. Mereka pun mengeluarkan kotoran kering untuk menahan air, dan ginjal mereka secara efisien mengeluarkan racun dari air di dalam tubuh sehingga mereka dapat menahan sebanyak mungkin air dalam tubuh.

Unta juga memiliki beberapa cara lain untuk membuat setiap minum air pergi jauh, seperti dengan menangkap kelembapan dari setiap napas yang mereka embuskan melalui hidung.



Simak Video "Unta Berkeliling Pasir Pantai Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)