Senin, 17 Feb 2020 21:00 WIB

Tak Cuma Manusia, Virus Corona Juga Menyerang Hewan-hewan Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
MOSCOW, RUSSIA - DECEMBER 13, 2017: A beluga whale takes part in Lost World, a Christmas show at the Moskvarium Oceanography and Marine Biology Center at VDNKh. Artyom Geodakyan/TASS (Photo by Artyom GeodakyanTASS via Getty Images) Tidak Hanya Manusia, Virus Corona Juga Menyerang Hewan-hewan Ini Foto: Getty Images
Jakarta -

Beberapa bulan ini dunia diramaikan dengan wabah virus corona. Tidak hanya menyerang manusia, virus ini ternyata juga bisa menyerang beberapa hewan laut seperti paus beluga, anjing laut dan lumba-lumba hidung botol.

Tapi jenis dari virus corona yang menyerang mamalia laut ini sakit berbeda dengan jenis yang menyerang manusia. Walau begitu, gejala infeksi yang diamati di hewan-hewan ini terbilang mirip dengan apa yang dialami manusia.

Dilansir detikINET dari Forbes, Senin (17/2/2020) pada Juni 2000, 21 ekor anjing laut ditemukan mati di pantai di San Fransisco, AS. Kematian yang tiba-tiba dan dalam jumlah yang besar ini kemudian mendorong peneliti untuk mencari penyebabnya.

Penelitian tersebut menemukan bahwa penyebab meninggalnya anjing laut adalah semacam infeksi yang menyebabkan ukuran paru-paru mereka menjadi abnormal. Beberapa anjing laut juga menunjukkan tanda-tanda pneumonia yang gejalanya mirip seperti virus corona.

Akhirnya ada tiga virus yang diisolasi dari sampel tersebut, termasuk virus corona. Tidak diketahui apakah virus corona atau dua virus lainnya yang menyebabkan kematian massal anjing laut ini, tapi penemuan ini membuktikan virus corona bisa menginfeksi anjing laut.

Untungnya, walaupun virus penyebab kematian massal ini belum diketahui, dampaknya tidak sampai mengancam eksistensi anjing laut. Berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN) menetapkan status anjing laut sebagai 'tidak menjadi perhatian'.

Sementara itu paus beluga yang terinfeksi virus corona menunjukkan tanda kerusakan pada hati mereka. Sama seperti anjing laut, tidak diketahui apakah virus corona ini secara langsung menyebabkan kerusakan hati atau jika virus tersebut kebetulan hadir di paus beluga yang sakit.

Menariknya, virus corona juga ditemukan di sampel lumba-lumba hidung botol. Tapi dari sampel lumba-lumba yang diteliti, tidak ada yang menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka sedang sakit.

Walau virus corona yang ditemukan di mamalia laut berbeda dengan tipe yang menyerang manusia, beberapa jenis virus corona bisa menginfeksi manusia dan hewan.

Contohnya Middle East Respiratory Syndrome (MERS), jenis virus corona yang mewabah di tahun 2012. Penyakit ini diketahui ditularkan oleh unta ke manusia.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)