COVID-19 Diramal Jadi Endemik, Kenali Sejumlah Penyakit Endemik Indonesia

COVID-19 Diramal Jadi Endemik, Kenali Sejumlah Penyakit Endemik Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 05:19 WIB
Poster
Pandemi COVID-19 diramal jadi endemik, ini dia segelintir penyakit endemik di Indonesia. Foto: I Wahyono
Jakarta -

COVID-19 diramalkan segelintir ahli akan menjadi sebuah endemik layaknya flu tahunan. Penyakit endemik merupakan penyakit yang selalu ada pada suatu daerah atau populasi tertentu.

Bicara soal endemik, Indonesia sendiri memiliki sejumlah penyakit endemik. Berikut ini dirangkum detikINET beberapa di antaranya:

1. DBD

Demam berdarah dengue (DBD) menjadi salah satu penyakit endemik dengan jumlah kasus yang tinggi di Tanah Air. Virus dengue disebarkan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan biasanya angka kasus melonjak memasuki musim penghujan.

Gejalanya demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, muntah serta ruam kulit dan biasanya gejala tersebut muncul setelah 6 hari terinfeksi.

2. Hepatitis

Bukan cuma di Indonesia, hepatitis pun salah satu penyakit endemik di China dan Myanmar. Disebabkan oleh virus hepatitis, ada lima jenis hepatitis yakni hepatitis A, B, C, D, dan E.

3. Kusta

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mati-matian untuk mewujudkan Indonesia bebas kusta. Kusta disebabkan oleh infeksi Mycobacterium leprae yang menyerang saraf dan kulit. Ciri khasnya adalah bercak putih yang muncul pada kulit dan mati rasa.

4. Kaki gajah

Filariasis atau dikenal sebagai kaki gajah ialah penyakit menular yang disebabkan cacing filaria dan ditularkan dari gigitan nyamuk.

Masih banyak penyakit endemik lainnya di Indonesia leptospirosis, tuberkulosis dan malaria. Untuk memberantasnya perlu adanya penanggulangan faktor penyakit dan biasanya makan waktu yang lama.

Untuk menjaga diri dari paparan penyakit tersebut yang bisa dilakukan antara lain menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.



Simak Video "Epidemiolog UI: Corona Lebih Penting Ketimbang Terlibat Pilkada"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)