Angin Kencang, Pertanda Alam yang Bisa Kamu Baca

Angin Kencang, Pertanda Alam yang Bisa Kamu Baca

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 23 Okt 2020 17:09 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi hujan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Angin kencang puting beliung melanda di Babelan, Bekasi. Terkadang itu adalah pertanda alam sebelum turunnya hujan.

Soal cuaca, seperti bermain tebak-tebakan. Meski sudah ada aplikasi dan alat canggih untuk mendeteksi perkiraan cuaca, ternyata alam memberikan pertanda seperti angin kencang.

Hal ini dijelaskan oleh Siswanto M.Sc, Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG kepada detikINET melalui pesan singkat, Jumat (23/10/2020). Menurutnya, secara insting, kita bisa melatih untuk lebih peka terhadap cuaca.

"Misal dengan melihat pergerakan dan pertumbuhan awan, merasakan berapa cepat air yang menempel di kulit mengering, bila angin kencang membawa udara dingin setelah beberapa jam sebelumnya udara panas maka itu pertanda segera turun hujan," ucapnya.

Bila angin kencang membawa udara dingin setelah beberapa jam sebelumnya udara panas maka itu pertanda segera turun hujan,Siswanto M.Sc, Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG

Meski demikian, di era sekarang yang serba digital sudah banyak informasi terkait perkiraan cuaca. Apakah bisa diandalkan perkiraan cuaca dari aplikasi-aplikasi yang ada?

"Kalau di zaman sekarang, sudah banyak aplikasi informasi cuaca berbasis mobile ya. Pada dasarnya aplikasi-aplikasi itu me-relay prakiraan cuaca dari lembaga lembaga atau pusat prediksi cuaca dunia," jelasnya.

Dengan demikian, itu berarti dari aplikasi yang menggunakan perkiraan cuaca berdasar informasi lembaga atau pusat prediksi cuaca tetap memiliki potensi keakuratan yang baik.

Nah kalau kamu sendiri, detikers, apakah punya trik atau pertanda lain yang bisa membuat kamu tahu apakah hari ini akan turun hujan atau sebaliknya? Bagikan pendapat dan tips milik kamu di kolom komentar, ya!



Simak Video "Sejumlah Pohon di Jakarta Tumbang Diterjang Hujan Angin"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)