Ini Penyebab Angin Kencang di Beberapa Wilayah Indonesia

Ini Penyebab Angin Kencang di Beberapa Wilayah Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 23 Okt 2020 13:02 WIB
Hujan lebat disertai angin kencang bikin atap Stadion Batakan Balikpapan rusak.
Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang. Foto: (Istimewa)
Jakarta -

Belakangan angin kencang bertiup di sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memberikan keterangannya perihal kejadian tersebut.

Siswanto M.Sc, Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG menjelaskan bahwa yang menjadi penyebab angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia adalah badai tropis di sekitar Filipina.

"Di Jawa Tengah sepertinya sudah nggak. Karena kemarin ada badai tropis di sekitar Filipina yang menarik aliran angin di wilayah Indonesia sehingga kecepatannya bertambah," jelas Siswanto.

Badai Tropis Saudel yang saat ini masih berposisi di Laut China Selatan dan diperkirakan meluruh ketika memasuki daratan Vietnam pada Sabtu atau Minggu. Namun jangan kuatir, menurut Siswanto dampak penguatan kecepatan angin di sebagian wilayah Indonesia akan berkurang.

"Seiring meluruh dan punah nya badai tersebut," sambung Siswanto.

Menurut pemantauan detikINET dari website resmi BMKG, ada beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini untuk hujan deras disertai angin kencang, antara lain Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Aceh, Bali, Banten, DKI Jakarta (Jakarta Timur dan Jakarta Selatan).

Berikut ini adalah prakiraan angin lapisan 3.000 feet untuk 24 Oktober 2020 dari pantauan BMKG:

Prakiraan anginPrakiraan angin 24 Oktober 2020 dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto: BMKG


Simak Video "Diterjang Angin Kencang, Tower Radio Setinggi 70 Meter Roboh"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)