Manfaat Air Putih untuk Pencegahan COVID-19, Sudah Minum?

Manfaat Air Putih untuk Pencegahan COVID-19, Sudah Minum?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 07 Okt 2020 05:23 WIB
Young woman drinking water from bottle outdoors
Ilustrasi minum air putih. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Saat semua orang sibuk dengan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh, kadang air putih menjadi salah satu elemen yang terlupakan di tengah pandemi COVID-19. Padahal air memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh.

Memang bukan serta merta menjadi keajaiban yang bisa menyembuhkan COVID-19, air putih diketahui memiliki manfaat untuk menjaga sistem imun tubuh.

Mengutip New Vision, Rabu (7/10/2020) air sangat penting untuk darah di mana membantu sel darah membawa oksigen dan nutrisi yang mana akan menguatkan sistem imun tubuh. Cairan limfatik, bagian dari sistem kekebalan seseorang, membentuk empat kali volume darah dan berfungsi untuk membuang 'limbah' dari tubuh seseorang.

Sistem penting di seluruh tubuh pun dapat menjadi rusak jika tubuh tidak menerima pasokan air yang tercukupi dan bersih.

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh biasanya dialami oleh orang-orang yang gemar mengonsumsi minuman berasa dan beraroma. Tanpa disadari, orang bisa mengalami dehidrasi karena kebiasaan konsumsi alkohol, minuman berkafein dan minuman manis.

Dehidrasi pada ujungnya bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Bahkan peneliti menemukan dehidrasi memberikan dampak negatif pada otak seseorang dan bisa meningkatkan risiko depresi.

Seperti diketahui, kunci untuk terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 ini adalah pola hidup yang sehat, termasuk di dalamnya pola makan yang sehat. Terkadang, orang hanya mementingkan asupan vitamin, nyatanya tubuh butuh seluruh elemen yang ada pada tumpeng gizi seimbang untuk membangun sistem imun yang kuat. Air termasuk di dalamnya.

Menurut imbauan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, orang dewasa wanita disarankan untuk meminum 7 gelas per hari sementara pria 8 gelas per harinya. Angka yang sama juga berlaku untuk anak-anak di atas 12 tahun. Ibu hamil disarankan menambah satu gelas dari angka yang disebutkan sebelumnya, dan 3 gelas tambahan untuk ibu menyusui.

Lebih lanjut untuk anak berusia 4-6 tahun disarankan mengonsumsi 6 gelas air per hari, sedangkan 7-12 tahun sebanyak 7 gelas per hari. Jangan lupa banyak minum air putih ya, detikers!



Simak Video "Protokol Kesehatan Naik Pesawat Mulai Check In Sampai Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)