Cara Tangkis Corona: Tidur yang Cukup

Cara Tangkis Corona: Tidur yang Cukup

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 02 Okt 2020 17:22 WIB
Ilustrasi Wanita Tidur Sendiri
Tidur yang cukup. Foto: iStock
Jakarta -

Sebelum ada vaksin yang efektif, tentu perlu dilakukan upaya agar terhindar dari virus Corona atau setidaknya meminimalisir risiko terkena. Salah satu kebiasaan mudah yang bisa menangkis Corona menurut ilmuwan adalah tidur berkualitas alias dalam kadar cukup.

Kebiasaan tidur yang memadai ditengarai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit seperti influenza atau penyakit pernapasan. Monika Haack, ilmuwan di Harvard Medical School menyatakan ada cukup bukti tentang hal itu.

"Jika Anda tidur dalam jumlah yang cukup, itu bisa membantu mencegah atau melawan jenis-jenis infeksi. Namun memang seberapa banyak kematian bisa dihindari jika Anda tidur dengan baik atau jadi seberapa rendah beratnya gejala penyakit? Memang masih dibutuhkan lebih banyak riset," kata dia.

Dikutip detikINET dari IB Times, Jumat (2/10/2020) kurang tidur di sisi lain dapat menimbulkan beberapa risiko. Terbangun terlalu lama kemungkinan berimbas pada kemampuan untuk berpikir ataupun fungsi tubuh lainnya.

"Anda membuat diri berisiko karena risiko untuk membuat kesalahan semakin tinggi saat tidur terganggu," kata Vincent Capaldi, ilmuwan Department of Behavioral Biology at the Walter Reed Army Institute of Research's Center for Military Psychiatry and Neuroscience Research.

Dalam beberapa studi, orang yang tidurnya terganggu, misalnya hanya 5 atau 6 jam per malam, dilaporkan lebih banyak menderita penyakit pernapasan, flu dan sejenisnya.

"Kami tahu bahwa Anda perlu tidur untuk melawan infeksi. Namun bagaimana sebenarnya cara kerjanya, saya pikir masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," sebut Haack.

Dalam sebuah penelitian, pada saat tidur sel T yang menjadi bagian sistem kekebalan tubuh akan bergerak dari sistem darah ke kelenjar getah bening untuk melawan patogen. Namun hanya karena tidak tidur dengan baik semalam, sel T tidak bersirkulasi sehingga menurunkan kemampuannya.

Walaupun masih banyak yang perlu dipelajari, tidur yang cukup setidaknya 7 jam per hari dianjurkan untuk melawan infeksi, termasuk meminimalisir terkena Corona. Untuk tidur lebih berkualitas, sebaiknya gelapkan penerangan, matikan layar dan tidak membaca informasi seperti berita.

"Orang yang tidak cukup waktu tidurnya lebih cenderung sakit saat terpapar virus. Hal itu secara jelas memainkan peran dalam kesehatan orang," cetus ilmuwan. Jadi tidak ada salahnya selalu tidur cukup untuk membantu melawan virus Corona.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)