Makhluk Aneh Mirip Gumpalan Merah Picu Kehebohan

Makhluk Aneh Mirip Gumpalan Merah Picu Kehebohan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 29 Sep 2020 08:28 WIB
Gurita Aneh
Hewan berbentuk gumpalan merah. Foto: Live Science
Washington -

Makhluk di lautan memang banyak yang belum diketahui eksistensinya oleh ilmuwan, termasuk makhluk aneh berupa 'gumpalan merah' ini. Ya, penemunya dan para netizen sempat menjulukinya dengan nama itu karena memang bentuknya sekilas mirip gumpalan dengan beberapa lengan panjang.

Terdampar di wilayah Washington, makhluk sepanjang kurang lebih 1 meter itu mengundang rasa penasaran tentang apa sebenarnya spesiesnya. Apakah gurita dumbo (Grimpoteuthis), cumi-cumi vampir (Vampyroteuthis infernalis) atau gurita merah (Octopus rubescens)?

Dikutip detikINET dari Live Science, ilmuwan malah menduga ke spesies lain, yaitu gurita berlengan tujuh (Haliphron atlanticus), makhluk yang biasanya lalu lalang di lautan dalam.

Awalnya, gumpalan merah tersebut ditemukan oleh Ron Newberry, warga di Whidbey Island, Washington. Dia menjumpainya saat akan memancing ikan salmon dan merasa takjub karena belum pernah melihat hewan semacam itu sebelummya.

"Seperti sesuatu berupa gumpalan merah yang ada tentakelnya," kata dia. Saat ditemukan, makhluk aneh ini sudah tewas. Ron lantas mempostingnya ke Facebook dan Instagram dan langsung menuai banyak sekali tanggapan dan kehebohan dari netizen.

Beberapa pakar pun angkat biacara. Walaupun masih ada keraguan, misalnya karena belum pernah ada catatan binatang serupa ditemukan di Washington sebelumnya, kemungkinan memang spesiesnya adalah gurita lengan tujuh.

"Menurut asisten profesor di Walla Walla University, dia tidak tahu catatan apapun ada gutita semacam itu ditemukan di area Washington," kata Ron.

Walaupun penemuannya di permukaan jarang, gurita semacam itu menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) tidak dalam kondisi terancam punah alias populasinya baik-baik saja walaupun jumlahnya tidak diketahui secara persis. Kapal selam pernah merekamnya lalu lalang di laut dalam.

Meskipun namanya lengan tujuh, jantan gurita ini sebenarnya punya delapan lengan, tapi tersembunyi di kantung dekat mata kanannya, hanya muncul saat memberikan sperma ke pasangannya. Untuk memastikan apa sebenarnya makhluk aneh ini, sejatinya perlu digelar tes DNA, tapi belum dilakukan.



Simak Video "Bikin Laper: Santap Gurita Bakar Seberat 2 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)