Herd Immunity Corona Disebut Muncul di Negara Ini - Halaman 2

Herd Immunity Corona Disebut Muncul di Negara Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 24 Sep 2020 08:14 WIB
(FILES) In this file photo taken on April 22, 2020 people have lunch at a restaurant in Stockholm, during the coronavirus COVID-19 pandemic. - Stockholm health inspectors said on April 26, 2020 they ordered five bars and restaurants shuttered after they failed weekend inspections to ensure social distancing regulations were being observed to curb the spread of the new coronavirus. (Photo by Jonathan NACKSTRAND / AFP)
Suasana Stockholm, Swedia. Foto: AFP/JONATHAN NACKSTRAND

Strategi tersebut diarsiteki oleh Anders Tegnell, pakar kesehatan negara itu. "Kami tidak mengalami kemunculan kembali penyakit itu yang dialami oleh negara-negara lain," klaim dia.

Mengenai lockdown yang rileks, Tegnell membantah bahwa tujuannya adalah untuk mencapai herd immunity dalam waktu cepat, melainkan untuk memperlambat penularan Corona agar fasilitas kesehatan tidak tumbang. Dia menilai strateginya akan mujarab untuk jangka panjang.

Pada awalnya, banyak yang mengkritik. Pada awal pandemi, angka kematian akibat virus Corona di Swedia lebih dari 5 kali lipat Denmark dan 10 kali lipat Norwegia dan Finlandia, para negara tetangganya.

Mengenai hal itu, Tegnell membela diri bahwa kematian yang tinggi tidak terkait dengan strateginya, melainkan kegagalan untuk mencegah penularan Corona di pantai jompo yang tentunya dihuni oleh kelompok rentan.

Kini, strategi yang dipandang beberapa pihak untuk memicu herd immunity itu tampaknya mulai menunjukkan hasil, walau memang masih perlu studi lebih lanjut. "Penurunan cepat kasus Corona yang kita lihat di Swedia saat ini adalah indikasi lain bahwa kalian bisa menurunkan kasus cukup banyak tanpa harus melakukan lockdown secara keseluruhan," katanya dalam sebuah wawancara.

(fyk/afr)