Sampai Kapan Harus Pakai Masker?

Sampai Kapan Harus Pakai Masker?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 31 Agu 2020 17:21 WIB
Warga Padang, Sumatera Barat, beraktifitas di  tengah kepulan kabut asap, Kamis (08/10/2015). Masih diselimutinya kawasan sekitaran padang membuat sejumlah warga harus mengenakan masker saat beraktivitas. Grandyos Zafna/detikcom.
Sampai kapan harus pakai masker guna menghindari penyebaran COVID-19? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Penggunaan masker sudah menjadi suatu yang normal di era pandemi COVID-19. Tapi sampai kapan kita harus mengenakan masker saat berpergian atau berada di lingkungan terbuka?

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan masker ketika hanya sakit saja dan saat menjenguk orang yang sakit, namun aturan ini berubah ketika wabah yang disebabkan SARS-CoV-2 ini meluas. Semua orang dianjurkan untuk memakai masker ketika berpergian guna mencegah penyebaran COVID-19.

Harap bersabar, mengutip TODAY, Shan Soe-Lin dosen dari Yale University, New Haven, Connecticut, yang menerima pelatihan soal imunologi mengatakan setidaknya orang akan menggunakan masker sampai ditemukan vaksin.

"Aku rasa kita akan memakai masker selama COVID-19 masih jadi ancaman, dan COVID-19 akan terus menjadi ancaman sampai kamu mendapatkan vaksin," ucapnya dalam wawancara bersama AccuWeather.

Saad Omer, Director of the Yale Institute for Global Health, berpendapat senada dengan Seo-Lin. Bahkan menurutnya, pemakaian masker bisa jadi makan waktu lebih lama dari satu tahun.

"Bahkan ketika vaksin tersedia, langkah-langkah tersebut akan bertahan lebih lama dari keluarnya vaksin," kata Omer, yang juga seorang profesor di Yale School of Medicine dan mengajar tentang penyakit menular.

"Kita berada di wilayah yang belum dipetakan sekarang. Vaksin akan bervariasi menurut negara, menurut cara pengiriman. Kamu butuh setidaknya satu tahun untuk menyebarkan vaksin dan memiliki cakupan yang cukup," pendapatnya.

Bagaimana menurutmu, detikers? Bisa kan bersabar terus demi terhindar dari virus corona ini?

Simak di sini untuk kabar terbaru tentang COVID-19.



Simak Video "Satgas Sarankan Masker Disimpan di Kantung, Bukan Pakai Tali Kalung"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)