Cara Melepas Masker yang Benar, Selama Ini Banyak yang Salah!

ADVERTISEMENT

Cara Melepas Masker yang Benar, Selama Ini Banyak yang Salah!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 11:19 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation
Ilustrasi lepas masker. Foto: iStock
Jakarta -

Masker dibutuhkan terlebih di situasi pandemi COVID-19. Tetapi ada momen yang pastinya mengharuskan kita menanggalkan masker misalnya saat makan atau minum.

Duke University School of Medicine memberikan cara menyimpan masker saat dibutuhkan dan memastikannya tetap steril. Kenapa ini penting, karena banyak yang melepas masker asal-asalan.

Bagaimana cara melepas masker dan menyimpannya saat pergi ke kamar mandi, minum atau makan?

Saat mau minum, makan atau ke kamar mandi, kita biasanya melepas masker, tapi tidak boleh asal taruh. Ada dua pilihan cara yang benar. Kamu bisa meletakkan masker di atas paper towel atau handuk kertas bersih. Pastikan sisi luar masker (yang kotor) menghadap ke bawah dengan ikatan ditempatkan ke arah luar. Cara kedua, simpan masker di dalam kantong kertas atau paper bag bersih. Tujuan utamanya adalah memastikan sisi dalam masker tetap bersih.

Kesalahan umum saat melepas masker

Nah yang sering salah adalah kebiasaan berikut ini. Para ahli mengatakan, sebaiknya tidak menarik masker ke bawah dagu, bahkan untuk minum sekalipun. Jangan gantung masker di satu telinga. Ingatlah untuk selalu memastikan kebersihan tangan yang sebelum memakai dan melepas masker.

Sebelumnya, para peneliti dari universitas yang sama melakukan penelitian untuk menemukan masker terbaik yang bisa mencegah penularan COVID-19. Sudah tak diragukan bahwa jawabannya adalah masker N95, diikuti masker bedah dan campuran poli atau kapas.

Sementara itu, ditemukan mereka yang mengenakan masker bandana (yang sering digunakan untuk naik motor) ternyata tidak lebih baik dari mereka yang tidak memakai masker. Nah karena itu, selain memakai masker, kita juga harus paham tentang tata cara menyimpan masker agar tetap bersih dan juga memilih masker yang efektif agar tidak sia-sia.

Siapa yang sudah melakukannya dengan benar? Tuliskan di kolom komentar yuk mengenai caramu menyimpan masker agar tetap terjaga dari paparan virus berbahaya seperti SARS-CoV-2 yang menjadi dalang COVID-19.



Simak Video "Jenis Masker yang Sangat Efektif Menurut Profesor Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT