Bangga dengan Indonesia, Punya Manusia Purba Terbanyak di Asia

Misteri Benua Sundaland

Bangga dengan Indonesia, Punya Manusia Purba Terbanyak di Asia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 17 Agu 2020 13:23 WIB
Benua Sundaland dan Sahul di Zaman Es
Benua Sundaland dan Sahul, wujud Indonesia di Zaman Es (detikcom)
Jakarta -

Indonesia berulang tahun ke-75 hari ini. Negeri ini adalah Benua Sundaland yang legendaris dan paling kaya manusia purba di Asia.

Indonesia memang baru berusia 75 tahun, tapi sejatinya ini adalah negeri yang berusia ribuan tahun. Sejak Zaman Es 12 ribu tahun silam, Indonesia masih berwujud benua Sundaland dan sudah dihuni manusia.

Menurut ahli Paleontologi ITB, Profesor Yahdi Zaim dalam perbincangan dengan detikINET, Senin (17/8/2020), Indonesia begitu istimewa di mata dunia ilmu pengetahuan. Indonesia punya koleksi manusia purba terbanyak di Asia, dan terbanyak setelah Afrika.

"Kita punya manusia purba terbanyak di Asia. Total ada 20 individu dari berbagai zaman, dari 100 ribu tahun sampai 1,5 juta tahun," kata Yahdi.

Yahdi mengatakan momen HUT Kemerdekaan adalah waktunya menumbuhkan lagi rasa cinta untuk Indonesia dari sisi sains. Sundaland adalah benua yang penuh dengan sumber ilmu pengetahuan yang menunggu untuk diteliti.

"Indonesia diminati para ilmuwan dunia. Kalau orang luar negeri saja begitu cinta Indonesia, masa kita nggak?" kata dia.

Paleontologi, paleooceanografi, arkeologi dan sejumlah ilmu pengetahuan lain adalah kunci untuk mengungkap rahasia Sundaland dan Indonesia di masa silam. Ilmu pengetahuan ini harus bisa diwariskan untuk generasi mendatang. Regenerasi ilmuwan Indonesia adalah sebuah keharusan.

"Harus ada regenerasi. Kalau nggak, bule lagi, bule lagi yang meneliti Indonesia," ujarnya.

Mumpung HUT Kemerdekaan RI, Yahdi menilai ini adalah momen yang tepat untuk menumbuhkan minat generasi muda pada ilmu pengetahuan. Ada cara mudah dan sederhana untuk mengetahui hasil penelitian para ahli paleontologi sampai arkeologi.

"Mulailah sejak dari kecil untuk mencintai museum. Museum itu sangat penting karena untuk pendidikan visual anak-anak. Itu sangat melekat dan masuk ke sanubarinya sampai besar, nanti bisa tumbuh rasa keingintahuannya," pungkasnya.



Simak Video "Kapal Perang di Lantamal VI Bunyikan Sirene di Perayaan Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)