Sebagian Manusia Bawa DNA dari Leluhur yang Misterius

Sebagian Manusia Bawa DNA dari Leluhur yang Misterius

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 17 Agu 2020 11:31 WIB
3D medical background with DNA strand
DNA misterius ditemukan pada sebagian manusia. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Penelitian menemukan ada sebagian manusia yang membawa DNA misterius yang tak diketahui asal usulnya. Analisis baru dari genom manusia purba yang paling terkenal - Neanderthal dan Denisovan - telah mengungkapkan mereka membawa DNA nenek moyang yang belum teridentifikasi di silsilah pohon manusia.

Studi ini juga menemukan bukti lebih lanjut tentang perkawinan silang antara manusia dan Neanderthal. Perkawinan silang ini akan menambah wawasan baru tentang sejarah yang semakin rumit dari kemunculan manusia sebagai spesies.

Ada kemungkinan bahwa nenek moyang yang tidak diketahui sebenarnya adalah Homo erectus, nenek moyang manusia purba yang diperkirakan telah mati lebih dari 100 ribu tahun yang lalu. Tetapi karena tidak ada DNA Homo erectus yang pernah ditemukan, maka asumsi ini belum tentu benar.

"Apa yang menurut saya menarik dari pekerjaan ini, ini dapat menunjukkan apa yang bisa Anda pelajari tentang sejarah manusia yang mendalam dengan bersama-sama merekonstruksi sejarah evolusi penuh dari kumpulan urutan dari manusia modern dan hominin purba," kata ahli biologi komputasi Adam Siepel, dari Laboratorium Cold Spring Harbor di New York.

Tim peneliti menggunakan algoritme Bayesian untuk menggali lebih dalam pola dalam genom, dalam hal ini dalam DNA dari dua Neanderthal kuno; Denisovan kuno dan manusia Afrika modern. Model tersebut kemudian dapat mencocokkan pembauran DNA dengan periode waktu tertentu, sebagaimana Science Alert.

Lebih lanjut, fakta menarik menguak sekitar 15% dari DNA 'super purba' misterius yang ditemukan dalam genom Denisovan masih beredar pada manusia hari ini. Hmm kira-kira dari mana ya DNA misterius ini?



Simak Video "Studi: Hanya 7% Populasi Dunia yang Punya DNA Unik 'Manusia Modern'"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)