Fosil Tertua Nenek Moyang Manusia Ditemukan!

Fosil Tertua Nenek Moyang Manusia Ditemukan!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 06 Apr 2020 09:10 WIB
manusia purba
Ilustrasi manusia purba. Foto: istimewa
Jakarta -

Tempurung kepala batita dari fosil tertua di zaman Homo Erectus ditemukan di Afrika Selatan. Fosil ini berusia sekitar 2,04-1,95 juta tahun lalu.

Ditemukan fakta, manusia purba ini memiliki otak lebih kecil dari manusia sekarang, namun ia sudah dapat berjalan tegak dan merupakan yang manusia pertama yang menjelajah keluar Afrika untuk menetap di belahan dunia lain, bahkan sampai ke Asia.

"Kelompok tempat fosil ini berasal dapat menjadi kelompok yang berhubungan dengan setiap orang di dunia," kata Andy Herries dari La Trobe University, yang memimpin tim internasional penelitian tersebut.

Tempurung kepala batita dari fosil tertua di zaman Homo Erectus ditemukan di Afrika Selatan. Fosil ini berusia sekitar 2,04-1,95 juta tahun lalu.Ditemukan fakta, manusia purba ini memiliki otak lebih kecil dari manusia sekarang, namun ia sudah dapat berjalan tegak dan merupakan yang manusia pertama yang menjelajah keluar Afrika untuk menetap di belahan dunia lain, bahkan sampai ke Asia.Tempurung kepala batita dari fosil tertua di zaman Homo Erectus ditemukan di Afrika Selatan. Fosil ini berusia sekitar 2,04-1,95 juta tahun lalu. Foto: Andy Herries, Jessie Martin and Joannes-Boyau


Profesor Herries mengatakan, temuan tengkorak yang telah masuk ke jurnal Science ini diperkirakan berumur 2 juta tahun. Itu berarti, fosil tersebut adalah fosil Homo erectus tertua yang pernah ditemukan sepanjang sejarah.

Dikutip dari ABC AU, penemuan tengkorak batita tersebut patut dihargai karena tentunya dapat membantu kita untuk lebih memahami tentang nenek moyang kita. Terlebih, pencarian material Homo cenderung sulit ditemukan di Afrika Selatan.

"Ini sekitar 200.000 tahun lebih tua daripada bahan dari Dmanisi di Georgia, yang merupakan fosil tertua Homo erectus sebelum itu," pungkasnya.



Simak Video "Asteroid Raksasa Lintasi Bumi, Astronom: Terlihat Seperti Bermasker!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)