Besok Waktu Terbaik Amati Puncak Hujan Meteor Perseid

Besok Waktu Terbaik Amati Puncak Hujan Meteor Perseid

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 11 Agu 2020 20:31 WIB
Tak hanya di Bosnia, hujan meteor perseid juga terjadi di Israel. Fenomena tersebut terjadi Selasa (13/8) dini hari waktu setempat.
Ilustrasi meteor (Foto: REUTERS/Amir Cohen)
Jakarta -

Puncak hujan meteor Perseid akan berlangsung pada 12-13 Agustus 2020. Bagi kalian pecinta astronomi, ini waktu terbaik mengamati hujan meteor Perseid melintas di angkasa.

Dinamakan dengan sebutan hujan meteor Perseid, karena fenomena alam tersebut berlangsung di titik radian konstelasi Perseus. Adapun, meteor tersebut bersumber dari komet raksasa 109P/Swift-Tuttle.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menuturkan bagi kalian yang ingin melihat puncak hujan meteor Perseid waktu terbaik menyaksikan dimulai tengah malam sampai fajar, tepatnya 24 menit sebelum Matahari terbit.

Saat puncak hujan meteor Perseid ini, akan terlihat 60-70 meteor tiap jam dengan kelajuan meteornya bisa mencapai 212.400 kilometer per jam.

Diketahui, hujan meteor Perseid ini merupakan agenda pertunjukan alam yang berlangsung pada tengah tahun. Hujan meteor berlangsung dari 17 Juli sampai 24 Agustus, tetapi puncaknya terjadi pada 12-13 Agustus 2020.

Bahkan, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja menangkap bola api yang datang dari hujan meteor Perseid. Benda antariksa tersebut tertangkap melesat di tengah malam.



Simak Video "Celebrity on Vacation: Buat Sabun Sereh hingga Cicip Bakso Meteor"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)