Jangan Lewatkan! Bulan Apogee dan Puncak Hujan Meteor Perseid

Jangan Lewatkan! Bulan Apogee dan Puncak Hujan Meteor Perseid

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 09 Agu 2020 20:15 WIB
Father and his daughter are watching Meteor Shower. Night sky.
Jangan Lewatkan! Bulan Apogee dan Puncak Hujan Meteor Perseid (Foto: iStock)
Jakarta -

Minggu kedua bulan Agustus ini, bagi kalian pecinta astronomi bisa menikmati saat Bulan berada di titik terjauh dari Bumi hingga puncak hujan meteor perseid.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) kembali mengungkapkan kalender fenomena astronomi Agustus 2020 di minggu kedua. Tercatat, ada empat peristiwa alam yang tentunya sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Sebagaimana dikutip dari akun Instagram Lapan @lapan_ri, fenomena astronomi di minggu kedua Agustus ini dimulai dengan pada tanggal 9 Agustus sampai 13 Agustus.

Bulan Apogee

Pada 9 Agustus 2020, Bulan akan berada di titik terjauh dari Bumi. Kejadian tersebut dikenal dengan Bulan Apogee, yang mana Bulan bisa berjarak sampai 407 ribu kilometer dari Bumi.

Dampaknya, kalian akan melihat satelit alami Bumi itu tampak lebih kecil bila dilihat dari daratan kita. Bulan Apogee ini terjadi pada pukul 20.46.52 WIB dengan iluminasi 69,8% (fase benjol akhir) dan lebar sudut 29,5 menit busur.

Lapan menyebutkan Bulan baru dapat disaksikan ketika terbit pada pukul 22.30 WIB di arah timur dan terbenam keesokan harinya pada pukul 10.00 WIB di arah barat.

Menariknya di waktu yang sama, terjadi konjungsi Bulan-Mars yang dapat diamati sejak pukul 22.30 WIB di arah timur dan berakhir ketika senja bahari/nautika berakhir (24 menit sebelum Matahari terbit) di arah barat-barat laut.

Ketika konjungsi Bulan-Mars, Lapan mengatakan, Bulan akan terpisah sejauh 4,3 derajat terhadap Planet Merah itu.


Fase Perbani Akhir

Lapan mengatakan pada 11 Agustus berlangsung puncak fase perbani akhir, tepatnya terjadi pukul 23.44.38 WIB. Bulan berjarak 401 ribu kilometer dari Bumi dan akan tampak dengan lebar sudut 29,7 menit busur.

Saat fase perbani akhir, Bulan akan terbit di sekitar tengah malam di arah timur-timur laut dan berkulminasi di arah utara, ketika Matahari terbit. Fenomena astronomi Agustus 2020 di minggu kedua ini, Bulan terbenam di arah barat-barat laut di sekitar tengah hari. Bulan berada di Manzilah Botein (Delta Arietis) di konstelasi Aries.